Contoh Surat Keterangan Kerja

Siapa yang sedang bingung mencari contoh surat keterangan kerja? Jika Anda salah satunya, maka membaca artikel ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Seperti yang diketahui surat keterangan kerja merupakan salah satu jenis surat yang dimiliki oleh karyawan yang berasal dari perusahaan.

Surat jenis ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tempat dimana karyawan tersebut bekerja.

Lalu apa tujuan utama dibuatnya surat keterangan kerja?

Tujuan utama mengapa surat keterangan kerja ini dikeluarkan yakni untuk memberikan penjelasan atau informasi bahwa benar yang bersangkutan merupakan pekerja aktif.

Sedangkan untuk fungsi utama surat keterangan kerja ini yaitu manakala karyawan memiliki urusan dengan pihak ketiga dan sebagai prasyarat tertentu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi dari surat keterangan kerja, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Apa Itu Surat Keterangan Kerja?

apa itu surat keterangan kerja
apa itu surat keterangan kerja

Apa itu surat keterangan kerja?

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, surat keterangan kerja merupakan sebuah surat yang dibuat oleh pihak penjamin kebenarannya.

Surat keterangan ini umumnya digunakan untuk memberikan informasi atau keterangan yang berkaitan status pekerjaan seseorang.

Tujuan utama dibuatnya surat ini yaitu untuk memudahkan seseorang untuk melakukan beberapa kegiatan administrasi tertentu.

Misalnya saja berkaitan dengan pengurusan atau pembukaan rekening bank, melamar pekerjaan dan lain sebagainya.

Karena fungsinya yang bisa digunakan sebagai dokumen untuk melamar pekerjaan, tidak heran banyak orang yang menyebutnya surat pengalaman kerja.

Nah bagi Anda yang masih belum tahui, bagaimana bentuk dari surat ini bisa langsung mencarinya di mesin pencarian Google.

Di sana tersedia banyak contoh Surat Keterangan Kerja yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Isi Surat Keterangan Kerja

isi surat parakling kerja
isi surat parakling kerja

Apa saja isi dari surat keterangan kerja?

Bagi yang belum tahui, isi dari surat keterangan kera ini umumnya menerangkan tentang perilaku dan tingkat profesional seseorang.

Semua ini berlaku dan dinilai pada saat bekerja dalam sebuah perusahaan.

Jadi di dalam surat tersebut berisi hal-hal positif yang berkaitan dengan perilaku seseorang selama bekerja dalam sebuah perusahaan.

Lalu siapa saja yang membutuhkan surat keterangan kerja ini?

Umumnya surat keterangan kerja ini dibutuhkan oleh orang-orang yang berkeinginan untuk melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri.

Bagian Penting Surat Keterangan Kerja

bagian bagian surat pengalaman kerja
bagian bagian surat pengalaman kerja

Bagi Anda yang sering menulis surat tentu sudah tahu bahwa dalam pembuatan surat ada hal-hal yang perlu diperhatikan sehingga tidak boleh sebarangan.

Baik itu surat referensi kerja, surat rekomendasi kerja, surat parakling kerja dan beberapa surat lainnya pasti memiliki ketentuan dalam penulisannya.

Sebenarnya membuat surat keterangan kerja tidaklah sulit karena biasanya tidak jauh berbeda dari surat-surat biasanya.

Meski begitu ada beberapa hal penting yang wajib untuk Anda perhatikan dalam membuat surat jenis ini.

Diantaranya yaitu:

  1. Mencantumkan kop surat (jika memang tersedia)
  2. Membuat kepala surat
  3. Mencantumkan perihal surat
  4. Isi surat keterangan kerja terdiri dari biodata pembuat surat dan biodata yang diterangkan.
  5. Data lengkap pemberi keterangan tersebut
  6. Data lengkap terkait orang atau karyawan yang bersangkutan
  7. Tempat, tanggal, bulan dan juga tahun pemberian keterangan
  8. Bagian penutup
  9. Kolom tanda tangan
  10. Membuat lembar pengesahan

Ciri-ciri Surat Keterangan Kerja yang Baik dan Benar

ciri ciri surat keterangan kerja
ciri ciri surat keterangan kerja

Pada dasarnya surat keterangan kerja merupakan salah satu jenis surat yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu banyak untuk membuatnya.

Namun meski begitu, agar tidak salah menyimak ciri-ciri contoh surat keterangan kerja berikut, yaitu:

  1. Surat keterangan kerja yang baik harus mengandung isi surat yang mana menerangkan tentang status pekerjaan seseorang sebenarnya.
  2. Dalam pembuatan surat keterangan kerja, sebenarnya juga hampir sama dengan surat-surat pada umumnya yang memakai bahasa yang singkat dan jelas.
  3. Surat keterangan kerja harus memiliki poin-poin yang lengkap seperti kop surat (optional), judul, nomor, detail nama orang yang bersangkutan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencantumkan kolom tanda tangan pada bagian akhir surat.

Bagi yang masih kebingungan membuat surat keterangan kerja, Anda bisa langsung mencari contoh surat keterangan kerja yang ada di mesin pencarian Google.

Di sana tersedia banyak sekali contoh surat yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain contoh surat keterangan kerja, Anda juga bisa menemukan contoh surat lamaran kerja dan contoh surat pengunduran diri.

Jadi Anda pun tidak perlu takut salah atau tidak sesuai dengan ketentuan.

Contoh Surat Keterangan Kerja

contoh surat referensi kerja
contoh surat referensi kerja (alphapay.id)
contoh surat pengalaman kerja pt
contoh surat pengalaman kerja pt
contoh surat parakling kerja
contoh surat parakling kerja (jempolkaki.com)
contoh surat parakling kerja cv perusahaan
contoh surat parakling kerja cv perusahaan (fahmipedia.com)
contoh surat keterangan kerja yayasan
contoh surat keterangan kerja yayasan (slideshare)
contoh surat keterangan kerja bank
contoh surat keterangan kerja bank (alphapay.id)

Demikian sedikit ulasan singkat tentang apa itu surat keterangan kerja, isi dan beberapa hal penting yang terdapat di dalam surat keterangan kerja.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat contoh surat keterangan kerja yang mana sebenarnya sangat mudah dan sederhana.

Selamat mencoba!

Leave a Reply