Profesi Kasir

Kasir adalah profesi yang menerima pembayaran dari setiap pelanggan dan melakukan pengembalian sisa uang jika ada.

Karena profesi sangat berkaitan dengan keuangan usaha kejujuran dan ketelitian dalam menghitung menjadi modal pentingnya.

Kemunculan pasar modern seperti swalayan dan minimarket kian merebak bahkan sampai ke desa-desa sehingga pekerjaan sebagai penjaga swalayan dan kasir pun banyak dibutuhkan.

Kasir menjadi pekerjaan tahap awal kebanyakan lulusan baru karena selain lowongan yang banyak juga tugasnya yang sesuai dengan minimal pendidikan kebanyakan orang.

Apa saja sih kerjaan seorang kasir?

kerjaan kasir

Sebagaimana yang disinggung di atas, pekerjaan kasir adalah melakukan penerimaan dan pengembalian uang pelanggan yang melakukan pembayaran.

Pada sebagian perusahaan, kasir juga sebagai pemegang kas kecil yang melakukan pembayaran atas pengeluaran perusahaan.

Jika kamu bekerja sebagai kasir di toko swalayan dan semacamnya maka juga akan menemui tugas berkaitan dengan keuangan.

Tugas yang dimaksud seperti melakukan perhitungan penerimaan uang per hari hingga per bulan.

Selain itu, kasir melakukan pencatatan semua transaksi, pembungkusan barang dan diserahkan ke pelanggan hingga pengecekan barang yang ada di toko.

Apa sih minimal edukasi kalau ingin jadi kasir?

pendidikan kasir

Minimal pendidikan kasir adalah SMA/sederajat yang sudah bisa melakukan perhitungan uang secara cermat, termasuk fresh graduated yang belum memiliki pengalaman bekerja.

Lulusan SMK Akuntansi atau Pemasaran akan sangat cocok menempati posisi ini.

Hal tersebut karena telah memiliki bekal yang cukup seperti membuat laporan keuangan dan mengoperasikan mesin cash register.

Tetapi tak menutup kemungkinan juga lulusan SMA yang menempati posisi ini asal masuk dalam kualifikasi seperti jujur dan teliti yang menjadi utamanya.

Memberikan layanan yang ramah kepada pelanggan juga menjadi poin plus untuk menjadi kasir.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh kasir?

keahlian kasir

Minimal pendidikan yang dibutuhkan SMA sederajat dan tugasnya yang berhubungan dengan uang tunai membuat profesi kasir harus memiliki skill tertentu.

Skill yang harus dimiliki kasir adalah mampu berkomunikasi dengan baik dan ramah, mampu melakukan proses administrasi dan tentu saja melakukan perhitungan uang yang teliti dan jujur.

Selain itu, umumnya kasir harus bisa menguasai MS. Excel dan Word serta mengoperasikan mesin kasir atau yang biasa disebut cash register. J

ika kamu ingin menjadi kasir maka kuasai beberapa skill penting tersebut.

Berapa sih pendapatan kalau kerja jadi kasir?

gaji kasir

Kasir menjadi posisi  yang sudah dianggap dipercaya oleh perusahaan atau tempat bekerja sehingga posisi ini cukup bagus.

Skill yang dibutuhkan kasir pun cukup komplet dan tak semua orang mampu menempati posisi ini sehingga gajinya pun terbilang mumpuni untuk hidup di Indonesia.

Gaji kasir adalah rata-rata 2 jutaan dan bagi perusahaan atau retail yang sudah besar akan menyesuaikannya dengan UMR wilayah setempat.

Besaran gaji ini tergolong menengah jika dibandingkan dengan beberapa posisi lain dalam sebuah bisnis retail.

Bagaimana prospek masa depan jadi kasir?

prospek masa depan kasir

Minimarket semakin menjadi favorit masyarakat untuk berbelanja karena tempatnya yang bersih dan rapi.

Selain itu konsumen bisa bebas memilih barang yang diinginkan tanpa menunggu pelayan.

Minimarket atau usaha retail pun semakin banyak muncul di tempat-tempat umum dan bahkan hanya berjarak 100 meter dari retailer lainnya.

Berdasarkan kenyataan itu, prospek pekerjaan kasir adalah cukup menjanjikan bahkan dengan kualifikasi umum yang tidak terlalu tinggi.

Karir jabatan kasir pun terbilang bagus karena menjadi kasir telah dipercaya oleh perusahaan dalam menangani hal penting yaitu uang yang sangat sensitif dan rahasia.

Jika kamu bingung setelah lulus SMA akan bekerja apa?

Kasir bisa menjadi pilihannya dan lowongan untuk posisi ini juga terbilang banyak apalagi saat menjelang hari raya karena swalayan akan membutuhkan banyak kasir tambahan untuk menangani kelonjakan pembeli.

Leave a Reply