Profesi Manajer

Manajer adalah posisi yang diberikan oleh seseorang dengan tugas mengatur suatu proses manajemen di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Peran dari profesi tersebut sangat penting karena tidak hanya memanajemen satu aspek saja, tetapi keseluruhan dari sistem yang ada di dalam perusahaan.

Secara umum, peran dari profesi ini adalah mengatur dan mengelola orang lain agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan, termasuk dalam perusahaan.

Bahkan ada beberapa pendapat ahli yang menyebutkan profesi ini sebagai seni menyelesaikan pekerjaan lewat aktivitas yang dilakukan orang lain.

Apa saja sih kerjaan seorang manajer?

kerjaan manajer

Pekerjaan manajer adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi atau perusahaan, seperti perencanaan, pengaturan dan pengawasan, serta kepemimpinan dan evaluasi.

Selain itu, kamu juga dituntut untuk bisa memanajemen dari segala aspek perusahaan, termasuk di dalamnya SDM dan produk atau jasa yang dihasilkan.

Tugas perencanaan yang diemban harus disusun berdasarkan tujuan utama atau apa yang ingin dicapai oleh perusahaan agar pengaturan dan pengawasan bisa dilakukan semaksimal mungkin.

Pada bagian akhir, kamu juga perlu menjadi pemimpin dengan cara memberikan arahan dan melakukan evaluasi terkait kinerja karyawan secara keseluruhan.

Apa minimal edukasi untuk jadi manajer?

pendidikan manajer

Minimal pendidikan manajer adalah S1 jurusan Managemen, meskipun sekarang ini sudah banyak perusahaan yang merekrut profesi ini dengan jurusan selain manajemen.

Hal ini dikarenakan tingkat keilmuan sudah semakin berkembang, sehingga ketika seseorang tersebut lulusan S1 dan mampu memenuhi kriteria perusahaan, pasti akan diterima.

Secara umum, lulus dalam bidang yang sesuai seperti jurusan manajemen adalah bekal utama yang harus dimiliki.

Pasalnya, kamu tidak akan bisa bertahan lama apabila tidak menguasai ilmu-ilmu dasar dari manajemen karena semua itu tidak akan bisa dipelajari secara instan.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh manajer?

keahlian manajer

Skill yang harus dimiliki manajer adalah cukup banyak, seperti keterampilan teknis, kepemimpinan, komunikasi, berpikir kritis, analisis, dan masih banyak lagi.

Hal ini karena tugas yang harus diemban berkaitan dengan masalah pengelolaan perusahaan yang tentunya tidak bisa dikatakan sederhana.

Tanpa memiliki skill yang sudah disebutkan di atas, kamu tidak akan sanggup menjalankan tugas yang diberikan secara maksimal.

Hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa kasus ketika berada di posisi ini.

Seseorang yang tanpa skill atau keahlian justru akan memberikan banyak masalah terhadap kelangsungan perusahaan.

Berapa sih pendapatan yang diterima oleh manajer?

gaji manajer

Gaji manajer adalah yang paling menarik untuk dibahas ketika membicarakan profesi satu ini.

Hal ini karena rata-rata gaji yang dihasilkan oleh profesi ini cukup besar, sekitar 23 – 25 juta setiap bulannya dan jumlah tersebut terbilang sangat besar pada sebuah perusahaan.

Tentunya, gaji tersebut pasti dipengaruhi oleh kualitas individu dan tingkatan dari perusahaan hal tersebut menyangkut kemampuan secara finansial.

Bahkan, ada beberapa perusahaan yang sanggup membayar 140-150 ribu setiap jam untuk profesi satu ini.

Bagaimana prospek masa depan jadi manajer?

prospek masa depan manajer

Berkecimpung dalam profesi ini akan membuat kamu memiliki banyak peluang atau prospek kerja yang bagus.

Selama ini, prospek kerja manajer adalah posisi-posisi yang patut diperhitungkan dengan tingkat kredibilitas tinggi.

Beberapa prospek yang bisa diraih adalah perbankan, agribisnis, konsultan, tenaga terdidik atau dosen, dan masih banyak lagi.

Maka tidak dapat di pungkiri apabila karir jabatan manajer di dalam perusahaan bisa dibilang sangat strategis, karena apabila kinerja yang ditampilkan bagus, banyak peluang mendapatkan promosi.

Nah, itulah beberapa hal terkait manajer yang perlu kamu ketahui sebelum terjun ke dalamnya.

Pastikan kamu menyiapkan semua hal yang dibutuhkan agar bisa menjadi sosok panutan dalam perusahaan.

Leave a Reply