Profesi Tukang Listrik

Tukang listrik adalah sebuah pekerjaan yang mengharuskan untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan dunia listrik.

Listrik menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Pekerjaan tukang listrik tidaklah mudah karena memiliki risiko tinggi.

Nah, pada kesempatan kali ini akan disajikan mengenai profesi tukang listrik, mulai dari job desc, pendidikan, skill, gaji hingga prospek pekerjaan di masa depan

Apa saja kerjaan tukang listrik?

kerjaan tukang listrik

Pekerjaan tukang listrik adalah berkaitan dengan dunia kelistrikan yang sangat kompleks.

Jika kamu menginginkan pekerjaan ini, maka harus mampu untuk memelihara sistem listrik, memasang peralatan yang berhubungan dengan listrik, memperbaiki kerusakan sirkuit, dan memasang sistem dengan efisien dan tepat.

Tidak hanya itu saja, profesi yang satu ini juga memiliki tugas lainnya, seperti bekerja dengan memahami cetak biru/ blue print, bekerja menggunakan peralatan yang sangat banyak jenisnya serta memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan kode bangunan negara bagian dan lokal.

Apa minimal pendidikan untuk jadi tukang listrik profesional?

pendidikan tukang listrik

Jika kamu berminat menjadi tukang listrik maka harus melewati beberapa tingkat pendidikan terlebih dahulu.

Kamu bisa memiliki pekerjaan ini dengan minimal pendidikan tukang listrik adalah SMK jurusan Listrik atau S1 Teknik Elektro.

Selain itu, karena pekerjaan ini membutuhkan keterampilan khusus dan berisiko tinggi, maka kamu juga harus mempunyai pengalaman.

Biasanya syarat pengalaman untuk bisa bekerja pada sebuah perusahaan adalah 2 – 3 tahun di bidang teknisi elektrik, perawatan gedung, dan perawatan sipil.

Keahlian apa yang harus dikuasai tukang listrik?

keahlian tukang listrik

Untuk bisa menjadi seorang tukang listrik profesional, maka harus memiliki beberapa keterampilan.

Skill yang harus dimiliki tukang listrik pertama adalah pembangunan dan konstruksi yang berisikan pengetahuan mengenai material, metode, serta peralatan konstruksi bangunan serta memahami strukturnya.

Kedua, desain teknik di mana harus mampu mengetahui cara memproduksi rencana teknik yang presisi.

Selanjutnya kamu juga harus menguasai reparasi atau memperbaiki sistem menggunakan peralatan sesuai dengan kebutuhan.

Skill selanjutnya yang juga penting adalah berbahasa Inggris baik karena beberapa struktur dan isi dalam dunia listrik menggunakan Bahasa Inggris.

Kemudian terdapat kemampuan Matematika yang bagus, seperti aljabar, kalkulus, geometri, aritmatika, serta pengetahuan mengenai peralatan mesin lengkap beserta fungsi, struktur, desain, dan cara perawatannya.

Berapa pendapatan yang bisa diperoleh tukang listrik?

gaji tukang listrik

Saat ini minat masyarakat akan menjadi tukang listrik masih sangat rendah, meskipun pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup baik.

Karir jabatan tukang listrik berkaitan dengan beberapa hal, seperti memasang peralatan di gedung, memelihara serta memperbaiki sistem kabel listrik, dan lainnya.

Kisaran gaji terbaru seorang tukang listrik ada di nominal Rp. 12.268 – Rp. 28.335 per jam.

Namun, ini bisa lebih jika kamu mengambil atau memiliki jenjang pendidikan lebih tinggi untuk menjadi teknisi listrik di mana gajinya berada di kisaran Rp. 14.565 – Rp. 55.161 per jam.

Bagaimana soal prospek masa depan tukang listrik?

prospek masa depan tukang listrik

Profesi menjadi tukang listrik memiliki masa depan yang cukup cerah.

Prospek kerja tukang listrik adalah sangat luas dengan beberapa kesempatan bekerja seperti, teknisi listrik, petugas pemasangan dan pemeliharaan kabel listrik, teknik service, operator produksi, teknisi Fire Alarm and Hydrant, mechanical Engineer, dan pengusaha di bidang listrik.

Selain itu, kamu juga punya kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan listrik besar, seperti industri minyak dan gas.

Semua kesempatan itu bisa kamu dapatkan sesuai dengan kemampuan serta minat kamu.

Informasi mengenai tukang listrik di atas mulai dari job desc hingga prospek kerja di masa depan bisa kamu jadikan gambaran mengenai profesi ini.

Jika kamu tertarik segera siapkan dirimu mulai dari sekarang.

Leave a Reply