Profesi Youtubers

Youtubers adalah profesi yang banyak digeluti oleh anak-anak muda zaman now dengan cara membuat sebuah konten video dan menguploadnya di aplikasi youtube.

Video yang dibuat memiliki banyak tema baik tentang travelling, hobi, kuliner, ilmu pengetahuan, fiksi, fashion, dan masih banyak lagi.

Siapa sangka jika profesi yang dilakukan tersebut tak hanya menghibur para viewers, namun mampu memberikan income yang cukup besar bagi si pemilik akun youtube.

Tak heran jika banyak bermunculan youtubers baru baik dari kalangan millennial, komedian, hingga artis papan atas.

Apa aja sih kerjaan yang dilakukan youtubers?

job desc youtuber
job desc youtuber, gambar: hitekno.com

Youtubers adalah bukan sebuah profesi yang mudah untuk dijalani dan ditekuni karena tidak semua orang memiliki skill yang mumpuni.

Terdapat sejumlah job description atau tugas-tugas yang harus dilakukan saat ingin membuat sebuah video.

Tugas pertama yang dilakukan oleh pembuat konten adalah memikirkan tema atau konsep yang akan diterapkan pada video yang dibuatnya. Umumnya, tema yang dipilih tidak jauh dari hobi, pengetahuan, atau pekerjaan yang pernah digelutinya.

Selanjutnya, pekerjaan youtubers adalah membuat sebuah video yang menampilkan aktivitas atau informasi yang ingin disampaikan untuk kemudian diupload agar bisa disaksikan oleh para viewer.

Proses editing dan kualitas kamera yang baik juga menjadi faktor pendukung dari video yang jernih, menarik, dan berkualitas.

Apa ada minimal pendidikan untuk youtuber?

pendidikan minimal youtuber
pendidikan minimal youtuber, gambar: YouTube/Grapple

Minimal pendidikan youtubers adalah bukan menjadi syarat utama bagi seorang pemilik akun youtube untuk melebarkan sayapnya.

Latar belakang pendidikan yang tinggi tidak menjadi jaminan bahwa seseorang akan sukses dalam mengembangkan channel yang dimilikinya.

Akan tetapi, pendidikan yang kamu lalui bisa memberikan sedikit arahan dan modal berupa skill dan ilmu pengetahuan bagi seseorang untuk menyajikan konten yang berbeda.

Faktanya, banyak orang-orang yang sukses berkat kegigihan dan kerja kerasnya dalam menggaet viewer.

Skill keahlian apa yang dibutuhkan untuk jadi youtuber?

skill keahlian youtuber
skill keahlian youtuber, gambar: saintif.com

Skill yang harus dimiliki youtubers adalah kreativitas tanpa batas sebagai modal utama untuk menghasilkan karya-karya menarik dan inovatif.

Existensimu sebagai seorang youtubers sangat bergantung dari seberapa menarik dan unik konten yang disajikan untuk penonton.

Pengetahuan yang mumpuni seputar teknologi dan informasi juga menjadi faktor pendukung untuk menghasilkan konten yang cukup menghibur ataupun bernilai edukatif.

Mental yang tangguh dan penuh percaya diri juga sangat dibutuhkan mengingat performamu akan dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia.

Berapa gaji seorang youtubers?

gaji youtuber
gaji youtuber, gambar: detik.net.id

Gaji youtubers adalah pendapatan yang berasal dari biaya iklan yang ditampilkan di dalam video yang kamu unggah ke website.

Nantinya, biaya periklanan tersebut akan dibagi dengan presentase 45% untuk perusahaan youtube dan 55% untuk pemilik akun.

Seorang pemilik akun youtube akan mendapatkan income dari profesinya tersebut manakala menghidupkan opsi memonetisasi pada setiap video yang diunggahnya.

Besarnya gaji dihitung menggunakan sistem Cost Per Mille (CPM) dimana kamu akan mendapatkan uang sebesar 1 dolar AS per 1.000 viewers.

Anggap saja nilainya hanya Rp 7.000 tiap 1000 view. Jika videomu itu ditonton 1.000.000x maka pendapatanmu Rp 7.000.000.

Tentu saja, untuk mendapatkan view 1.000.000 tidak gampang kan? Karena itu kamu harus benar-benar fokus untuk mendalaminya.

Selain itu, youtuber juga biasa mendapat tambahan penghasilan dari endorse brand yang nilainya juga tidak sedikit.

Jika kamu penasaran, silahkan cek situs https://socialblade.com, masukkan nama atau url channel yang ingin kamu kepoin pendapatannya.

Anggap saja kalau youtuber Indonesia itu nilainya yang paling bawah. Karena memang nilai CPM di Indonesia itu kecil, bila dibanding dengan CPM internasional.

Bagaimana prospek masa depan jika ingin jadi youtuber?

prospek masa depan youtuber
prospek masa depan youtuber, gambar: Dexerto.com

Prospek kerja youtubers adalah sangat menjanjikan mengingat banyak sekali masyarakat di hampir seluruh belahan dunia yang menjadikan youtube sebagai aplikasi pemutar video terfavorit mereka.

Kesadaran masyarakat terhadap kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat menjadi alasan utama kenapa profesi sebagai youtubers sangat menjanjikan.

Aplikasi yang menjanjikan tersebut akan menjadi sebuah pundi-pundi uang yang terus mengalir selagi tidak melanggar aturan dan ketetapan dari perusahaan youtube.

Karir jabatan youtubers dikatakan semakin naik manakala memiliki jutaan viewers dan subscriber yang selalu setia menonton dan menantikan karya-karya berikutnya.

Leave a Reply