Tugas dan Tanggung Jawab Accounting

Tugas accounting dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada. Pekerjaan berjalan sebagaimana yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tugas accounting ini tentu mempunyai tanggung jawab yang besar terlebih lagi tentang dan bisnis yang menjadi tonggak sebuah perusahaan.

Agar lebih memahami secara lengkap mengenai tugas accounting simak informasinya di bawah ini.

Apa Itu Accounting?

apa itu akunting

Akunting adalah di dalam perusahaan dimana jabatan tersebut mempunyai tugas serta tanggung jawab terhadap laporan keuangan.

Laporan keuangan tersebut bukan merupakan ucapan, namun di sampaikan secara tertulis.

Biasanya dalam dunia accounting juga dikenal dengan istilah teller yang banyak diincar untuk posisi cukup strategis.

Teller adalah karyawan yang ada pada sebuah perusahaan mana besar pekerjaan yang berhubungan dengan pelanggan secara langsung.

Apa Latar Belakang Pendidikan Seorang Akunting?

pendidikan akunting

Latar belakang pendidikan seorang akuntan tentu mengarah kepada ilmu-ilmu akuntansi.

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang paling linier terhadap posisi sebagai accounting.

Dasar-dasar yang didapatkan selama mengenyam pendidikan tentu akan membantu saat di dunia kerja.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Accounting?

tugas tanggungjawab akunting

Dalam pekerjaannya seorang accounting mempunyai banyak tugas karena seringkali membuat mereka harus bekerja multitasking.

Tugas accounting ini pun membutuhkan ketelatenan dan soft skil khusus.

Namun ada beberapa tugas pokok dari seorang accounting yaitu sebagai berikut:

  • Membuat pembukuan terhadap keuangan kantor di mana ini menjadi tugas yang piala transaksi dalam perusahaan harus bisa dicatatkan dan didaftar dengan jelas oleh seorang akuntan.
  • Melakukan posting jurnal operasional tugas ini dilakukan dengan mencatat berbagai macam pengeluaran serta pemasukan dari operasional perusahaan lalu memasukkannya ke dalam buku besar akuntansi
  • Membuat laporan keuangan dimana laporan ini nantinya perlu dipertanggung jawabkan bagi si pembuat.
  • Melakukan penghimpunan data jurnal akuntansi ke sistem yang dimiliki perusahaan
  • Memeriksa dan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang masih berhubungan dengan transaksi keuangan
  • Melakukan rekonsiliasi serta penyesuaian data in Financial kain dengan pengeluaran suatu perusahaan yang mengacu pada buku kas dan buku rekening.

Keahlian Apa yang harus dimiliki Accounting?

keahlian akunting

  • Seorang akuntan dituntut untuk menguasai berbagai keahlian yang akan menunjang pekerjaannya nya demi mencapai profesionalitas kerja yang baik. Beberapa keahlian accounting yang diperlukan adalah sebagai berikut:
  • Sikap pimpinan di mana seorang akunting harus untuk menjadi seorang mentor
  • Mempunyai kemampuan presentasi dan komunikasi yang baik di mana hal ini hubungan dengan angka yang harus dipertanggungjawabkan oleh accounting
  • Penyesuaian diri tempat bekerja agar bisa menemukan iklim kerja yang baik sehingga produktivitas kerja meningkat
  • Keinginan untuk terus belajar membuat lebih tinggi lagi
  • Sikap keterbukaan Karena yang namanya accounting membutuhkan keterbukaan dalam hal yang sudah dilakukannya menyangkut tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan

Melihat banyaknya keahlian yang harus dimiliki oleh seorang accounting banyak yang menanyakan tentang gaji accounting.

Secara umum bicara tentang gadget untuk akan sangat bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya namun rata-rata gaji staff accountant yang ada di Indonesia 4 jutaan.

Kualifikasi apa yang harus dipenuhi seorang Accounting?

kualifikasi akunting

Berikut ini adalah pendidikan yang harus dipenuhi oleh seorang akunting perusahaan:

  1. Minimal SMK Akuntansi, lebih baik D3 / S1 ekonomi atau akuntansi. Bisa juga jurusan sejenis seperti matematika dan statistik.
  2. Mahir mengoperasikan software akuntansi, seperti Ms. Excel, R, dll.
  3. Bisa menghitung dan membuat laporan akuntansi secara manual.
  4. Berfikir kritis dan teliti.
  5. Bekerja sesuai target pekerjaan dan waktu yang ditentukan.

Bagaimana jenjang karir akunting?

jenjang karir akunting

Profesi akuntan sendiri itu masih mempunyai beberapa jenjang karir lagi.

Adapun jenjang karir accounting ialah sebagai berikut:

  1. Akuntan publik
  2. Akuntan privat
  3. Analisis Auditor internal
  4. Konsultan pajak
  5. Perencana keuangan
  6. Account payable
  7. Kredit analis
  8. Ahli keuangan pemerintah
  9. Akuntan pendidik

Demikianlah informasi mengenai tugas accounting.

Semoga bermanfaat dan memberikan informasi tambahan.

Leave a Reply