BPJS Kesehatan Karir

BPJS kesehatan karir merupakan peluang emas untuk membangun karir yang gemilang dengan tanpa dipungut biaya apapun saat proses rekrutmen berlangsung.

BPJS kesehatan sendiri adalah suatu lembaga kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan kepada WNI.

Tujuan utama dari adanya BPJS di Indonesia yakni agar orang tidak mengalami kesulitan saat akan melakukan perawatan atau pengobatan di rumah sakit.

Namun kali ini kamu diberikan kesempatan oleh BPJS untuk dapat mengabdi pada negeri melalui jalur kesehatan.

Syarat dan ketentuan

Untuk dapat berkarir, kamu harus memperhatikan dan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan.

BPJS kesehatan memberikan beberapa opsi syarat dan ketentuan berikut ini :

  1. Berstatus warga negara Indonesia
  2. Belum menikah saat mendaftar
  3. Pendidikan minimal D3/ D4/ S1
  4. Memiliki IPK minimal 2,75 dari skala 4
  5. Usia maksimal 25 tahun per 31 Desember 2021
  6. Akreditasi Universitas dengan ketentuan :
    • Minimal akreditasi B untuk Universitas Negeri
    • Minimal akreditasi A untuk Universitas Swasta
  7. Pelamar kerja diwajibkan untuk mengunggah foto selfinya pada Feed Instagram pribadinya. Bersama aplikasi Mobile JKN di Smartphone, wajib menuliskan caption bertema “Arti Mobile JKN Dalam Keseharianku”. Diakhiri dengan Hashtag #MobileJKNlengkapihariku dan wajib melakukan tag serta follow akun resmi lembaga BPJS Kesehatan yaitu @bpjskesehatan_ri

Job title

Rekrutmen pegawai tidak tetap (PTT) di seluruh Indonesia oleh BPJS kesehatan karir memiliki beberapa bidang kerja yang bisa menjadi opsi pilihanmu sebelum melamar.

Terdapat 6 bidang kerja yang dapat membantumu untuk mengeksplore skill yaitu :

  1. Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta dengan 4 posisi kerja sebagai berikut :
    • Front Liner (pelayanan garda depan dengan menemui secara langsung calon peserta)
    • Staf Administrasi Kepesertaan (melakukan verifikasi, menginput, pengolahan dokumen calon peserta, dan memberi dukungan terhadap tugas Account Representative)
    • Staf Penanganan Pengaduan Peserta (pemberian layanan informasi dan menangani pengadua peserta)
    • Staf Penanganan Pengauan Peserta di Rumah Sakit (memberikan layanan informasi, menangani pengaduan khususnya pada Area kerja Rumah Sakit, melakukan customer visit dan meminta feedback kepuasan pesrta)
  2. Bidang Penagihan dan Keuangan dengan posisi kerja sebagai Staf Penagihan/Telecollecting (mengingatkan mengenai kewajiban membayar iuran peserta PBU dan menangih tunggakan melalui telepon agar segera membayar)
  3. Bidang Penjaminan Manfaat dengan posisi kerja sebagai Staf Pengelolaan Kesehatan Primer (pendaftaran, pendataan, pelayanan FKTP, penyelenggaraan kesehatan, dll)
  4. Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta dengan 3 posisi kerja sebagai berikut :
    • Relationship Officer (mendampingi badan usaha yang belum terdaftar, registrasi, mendaftarkan karyawan dan keluarganya, sampai bayar pertama)
    • Staf Administrasi Perluasan Kepesertaan (berkaitan dengan data, membuat laporan aktivitas terkait ruang lingkup pekerjaan secara berkala)
    • Staf Administrasi Pemeriksaan (pengumpulan data, pemeriksaan, audit, laporan, dll)
  5. Bidang SDMUKP engan posisi kerja sebagai Staf Umum dan Kesekretariatan (pengelolaan arsip, pengelolaan masuk keluarnya surat, berkaitan dengan database, penyajian data, dll)
  6. Sekretaris dan Staf Administrasi dengan penempatan khusus di Kantor Kedeputian Wilayah dan Kantor Pusat)

Yang Harus Dipersiapkan

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pelamar agar tidak terjadi kesalahan informasi, kesalahan prosedur melamar, kesalahan data, dll.

sehingga dapat menyebabkan kekeliruan dan resiko kemungkinan tidak diterima lebih besar maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Waktu pelaksanaan pendaftaran 30 Desember 2021 s.d 5 Januari 2022
  • Pendaftaran dapat kamu lakukan dengan mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan pada menu banner (slide rekrutmen)
  • Pilih lokasi penempatan dan job title sesuai peminatan
  • Pastikan kembali pengunggahan scan berkas seperti KTP, Surat Lamaran, CV, Ijazah, Transkip Nilai, Bukti Keterangan Akreditasi Universitas, Surat Keterangan Sehat dan Surat Bebas Narkoba melalui cloud seperti Google Drive atau Dropbox dan pastikan jika aksesnya tidak dibatasi (bisa diakses public) agar panitia rekrutmen bisa melakukan verfikasi dengan mudah
  • Akun Instagram tidak di-private sebab panitia hanya akan menilai postingan calon pelamar yang akun media sosialnya tidak di private

Leave a Reply