PGN Karir

PGN karir adalah salah satu kesempatan yang bisa kamu dapatkan untuk mengembangkan karir. PGN (Perusahaan Gas Negara) hadir untuk memahami kebutuhan dan kepuasan pelanggan dalam pemanfaatan gas bumi.

PGN akan selalu berusaha menyediakan berbagai produk dan layanan dengan disesuaikan untuk kebutuhan pelanggannya. Beberapa produk dan layanan yang dimiliki adalah residensial & usaha kecil, pelanggan bisnis serta pelanggan transportasi.

Beberapa keunggulan yang PGN miliki yaitu harga kompetitif, menjangkau lebih luas pengguna, termasuk gas bumi berkualitas tinggi.

PGN juga mampu memberikan biaya operasional dan pemeliharaan rendah serta bersih dan ramah lingkungan.

Proses Seleksi di PGN

Apakah kamu tahu selection process? Selection process atau proses seleksi adalah suatu proses yang digunakan untuk menyaring kandidat calon-calon pekerja/karyawan dengan tujuan agar bisa ditempatkan di tempat yang tepat.

PGN memiliki aturan sendiri dalam melakukan selection process. Berikut saya jelaskan beberapa tahapan dalam selection process:

1. Administration

Pada tahap ini diadakan seleksi administrasi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Calon karyawan yang lolos, akan mendapatkan email undangan untuk mengikuti tahap berikutnya.

2. Aptitude test

Pada tahap ini dilakukan pengukuran kemampuan akademik/berfikir. Calon karyawan yang lolos tahap ini akan mendapatkan email notifikasi mengenai jadwal tahapan berikutnya yaitu jadwal English test.

3. English test

Pada tahap ini dilakukan pengukuran kemampuan bahasa Inggris. Calon yang lolos tahap ini akan mendapatkan email notifikasi mengenai jadwal tahapan berikutnya yaitu psychological test.

4. Psychological test

Pada tahap ini dilakukan pengukuran aspek individu secara psikis. Calon karyawan yang lolos akan mendapatkan email notifikasi mengenai jadwal tahapan berikutnya yaitu medical checkup.

5. Medical check up

Pada tahap ini dilakukan tes kesehatan untuk calon karyawan yang telah lolos di tahap-tahap sebelumnya. Calon karyawan yang lolos akan mendapatkan email notifikasi mengenai jadwal tahapan berikutnya yaitu management interview.

6. Management interview

Pada tahap ini dilakukan tes wawancara antara calon karyawan dengan pihak manajemen perusahaan.

Calon karyawan yang lolos akan mendapatkan email notifikasi mengenai jadwal tahapan berikutnya yaitu onboarding program.

7. Onboarding program

Pada tahap ini akan dilakukan serangkaian tes untuk mempelajari sikap, perilaku, pengetahuan serta keterampilan. Tahap ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya mereka bekerja untuk PGN.

8. Placement

Pada tahap ini dilakukan pengumuman pengangkatan calon karyawan menjadi karyawan tetap perusahaan.

Untuk catatan, ketika kamu atau calon karyawan yang telah lolos pada tahap sebelumnya, tetapi tidak hadir untuk melaksanakan test pada tahap berikutnya. Maka akan dianggap mengundurkan diri atau gagal dalam seleksi.

Cara Apply Kerja di PGN

Untuk kamu yang ingin bekerja di PGN, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tahapan cara melamar kerja di PGN yaitu:

1. Registration

Pada tahap ini, kamu harus melakukan registrasi online dengan mengklik tombol Sign Up atau Join Us atau Register Now. Tombol tersebut berada di Homepage PGN Career. Lakukan pengisian seluruh data identitas kamu dengan lengkap ya!

2. Email activation

Setelah kamu melakukan registrasi, pada tahap ini kamu akan mendapatkan email aktivasi melalui alamat email yang telah kamu masukkan di tahap registrasi.

3. Account activation

Pada tahap ini, bukalah terlebih dahulu akun email kamu yang telah mengarah ke aktivasi. Lalu, klik link yang terdapat pada email untuk mengaktifkan akun PGN Career kamu.

4. Login

Setelah kamu melakukan aktivasi akun, kamu akan berada pada laman Homepage PGN Career. Login lah dengan menggunakan username dan password email kamu.

5. Search vacancy

Pada tahap ini, kamu bisa mencari loker di PGN dengan menggunakan mesin pencari pada laman Homepage. Kamu bisa mencari dengan menggunakan filter lokasi kerja, bidang kerja atau level posisi.

6. Click vacancy

Dengan berbagai pilihan daftar kerja di PGN group, pilihlah lowongan PGN yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu. Jangan sampai salah pilih ya!

7. Apply now

Pada tahap terakhir, kamu cukup mengklik button Apply Now untuk mendaftarkan diri untuk lowongan kerja atau internship yang telah kamu pilih.

Tahap-tahap tersebut merupakan salah satu kemudahan yaitu proses e recruitment atau rekrutmen online PGN yang bisa kamu akses melalui smartphone atau laptop.

Sekarang, kamu tidak perlu lagi melakukan pengumpulan berkas lamaran secara langsung ke perusahaan. Kamu cukup menguatkan mental untuk menerima hasil seleksi tersebut.

Program PGN

PGN memiliki 2 program unggulan yaitu leadership dan learnship. Dimana, dalam setiap programnya memiliki tujuan tersendiri. Berikut penjelasannya untuk kamu:

1. Leadership

Pada program ini, PGN menghadirkan sebuah program yaitu STAR Program. Di dalam program tersebut dilakukan program pengembangan yang dikhususkan untuk para talent.

STAR Program bertujuan mempersiapkan talent yang mampu menghadapi tantangan serta dampak dalam peningkatan perusahaan, mendukung kesiapan talent melalui program yang tepat dan menciptakan pemimpin yang tangguh dan kompeten untuk masa depan.

Sebagai dasar penyusunan program, STAR Program memiliki 3 prinsip yaitu prinsip its not common but special, prinsip win-win by providing values for employee & employer dan prinsip strong alignment with business agenda.

Beberapa program leadership yang telah terlaksana ada executive mentoring program (2015-sekarang), career day (December 2015), management development program 2015-2017), serta culture festival (Februari 2017).

2. Learning

Pada program ini, PGN memiliki program mengembangkan berbagai fasilitas pembelajaran. Dengan harapan mampu mendorong pengembangan pekerja yang lebih efektif dengan para atasan berperan sebagai mentor untuk anggotanya.

Harapan lainnya adalah dapat mendorong kegiatan sharing pengetahuan untuk meningkatkan pemahaman melalui pengalaman para atasan. Program bisa dilakukan melalui in class training ataupun metode lainnya.

Beberapa gallery event learning yang telah dilaksanakan oleh PGN antara lain skills for future – learning week, how to exist in digital – learning week, learning week – IdeaNation, Innovation Awards 2016 serta event gas talk.

Perlu kamu ketahui, perusahaan ini juga memiliki beberapa anak cabang yang dijadikan sebagai layanan pendukung. Seperti contohnya PGAS Solution yang melayani enjinering dana konstruksi.

Anak perusahaan lainnya adalah PGAS Telekomunikasi Nusantara yang melayani sistem informasi dan komunikasi serta SENA (Solusi Energi Nusantara) yang melayani konsultan manajemen proyek serta konsultasi teknis lainnya.

Kamu juga harus tahu bahwa teknologi yang dimanfaatkan PGN dalam mendukung operasinya sangat canggih. Mulai dari teknologi operasional, pengelolaan aktiva usaha-usaha, pengelolaan kapasitas, kualitas & kuantitas gas serta keseimbangan gas.

PT ini beralamatkan di Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20, Jakarta, 11140. Dengan website yang bisa kamu kunjungi di www.pgn.co.id

Hadirnya PGN adalah sebagai perusahaan terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi di Indonesia. Untuk itu, berkemungkinan besar bahwa PT ini akan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sehingga diharapkan untuk kamu-kamu yang memiliki kepentingan atau sekadar mencari informasi mengenai perusahaan ini harap juga melakukan pengecekan informasi melalui email resmi PGN contact.center@pgn.co.id ya teman-teman!

Leave a Reply