Chief Financial Officer

CFO adalah singkatan dari Chief Financial Officer yang merupakan pimpinan tertinggi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan.

Sedangkan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak pada sector lainnya, CFO menempati posisi ketiga pada jajaran eksekutif setelah CEO dan COO.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di 37 negara, posisi ini merupakan yang paling banyak ditempati oleh perempuan.

Berdasarkan survey tahun 2019 tersebut, 50,4 persen dari perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia menempatkan perempuan pada posisi ini.

Apa itu CFO di Perusahaan?

CFO yang pada perusahaan-perusahaan berskala kecil memiliki tugas yang sama dengan bendahara, merupakan seorang wakil direktur yang memiliki tanggung jawab berkaitan dengan bidang keuangan.

CFO kependekan dari Chief Financial Officer, intinya adalah kepala tertinggi yang mengurus keuangan perusahaan. Nama lainnya direktur keuangan.

Mereka memiliki peran dalam melakukan perencanaan dan pencatatan keuangan sampai administrasi pada sebuah perusahaan.

Seperti halnya COO, CFO juga harus memberikan pertanggung jawaban kinerja pada CEO sebagai pemimpin tertinggi di perusahaan.

Selain itu mereka juga harus membantu memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bidang keuangan berdasarkan financial forecast dan analisis bisnis yang dilakukan.

Apa Saja Tugas dan Wewenang CFO?

tugas wewenang cfo

Tugas utama CFO adalah bertanggung jawab terhadap cash flow perusahaan, melakukan analisa terhadap kondisi keuangan perusahaan serta membuat perencanaan keuangan sebagai bahan dalam pembuatan kebijakan.

Cash flow sendiri merupakan pergerakan dari uang masuk dan uang keluar pada sebuah perusahaan pada periode tertentu, dan tugas utama dari seorang CFO adalah memastikan bahwa cash flow dari perusahaan bernilai positif yang berarti pemasukan lebih besar dari pengeluaran.

Secara umum tugas dan wewenang dari seorang CFO adalah:

  • Mengawasi jalannya keuangan perusahaan sebab mereka bertanggung jawab menyampaikan laporan yang akurat terhadap para pemangku kepentingan
  • Membuat kebijakan terkait keuangan perusahaan seperti investasi dan hutang dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan serta resiko keuangannya
  • Menganalisa dan mengidentifikasi strategi perusahaan kemudian melaporkan efektivitas dari strategi tersebut
  • Memastikan perusahaan berjalan sesuai dengan target yang diharapkan

Meski menempati posisi ketiga pada jajaran eksekutif, peran yang dimiliki CFO juga tak kalah penting dengan COO karena mereka tidak hanya bertugas pada divisi keuangan perusahaan.

Pada perkembangannya CFO juga memiliki peran penting pada arah bisnis dari sebuah perusahaan berdasarkan data keuangan yang dimilikinya.

Apa Saja Peran CFO di Perusahaan?

peran cfo

Peran-peran yang dapat dijalankan CFO diantaranya:

  • Sebagai operator, dengan tugas-tugas operasional di bidang keuangan seperti analisa keuangan, pencatatan transaksi keuangan, perpajakan, dsb
  • Sebagai pengatur strategi, data-data dan analisis keuangan yang dilakukan akan sangat berguna dalam membuat strategi perusahaan karena keuangan merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah perusahaan
  • Sebagai katalis, dimana kebijakan keuangan yang dibuat dalam upaya untuk merangsang perkembangan dari bisnis yang tengah dijalankan dengan cara memaksimalkan hasil dan efisiensi pengeluaran
  • Sebagai administrator, dengan memastikan keseluruhan asset dari perusahaan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan sehingga mereka harus mengetahui, mencatat serta menjaga keseluruhan asset tersebut

Berapa Gaji Seorang CFO?

gaji cfo

CFO sendiri merupakan bagian dari top level manajemen yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola risiko keuangan dari sebuah perusahaan.

Posisi ini memiliki tanggung jawab dan resiko yang cukup besar, jadi wajar jika gaji menjadi CFO sangat menggiurkan.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan perekrutan internasional, rata-rata gaji CFO per tahunnya dapat mencapai Rp 1,6 miliar hingga Rp 2,6 miliar.

Hal ini berarti dalam satu bulan seorang CFO dapat menerima gaji mencapai Rp 133 juta hingga Rp 216 juta.

Apa Saja Tips menjadi CFO?

tips menjadi cfo

Dengan banyaknya tanggung jawab yang harus dipikul, resiko yang besar serta gaji yang sangat menggiurkan tentu saja bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang CFO.

Kamu harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat membantu dalam membuat keputusan bisnis.

Karena tugas-tugas CFO adalah menyangkut kinerja keuangan perusahaan yang merupakan komponen paling penting maka seorang CFO harus memiliki beberapa kemampuan diantaranya:

1. Kemampuan dalam bidang akuntansi dan keuangan

Karena tugas umum seorang CFO berkaitan erat dengan divisi keuangan sebuah perusahaan, bahkan membuat laporan keuangan secara detil meliputi pemasukan, pengeluaran dan akun-akun lainnya maka untuk menjadi seorang CFO perlu belajar bagaimana membuat laporan keuangan dengan akurat.

Laporan keuangan yang dibuat oleh CFO memiliki cakupan yang lebih luas jika dibandingkan bendahara karena tidak hanya melaporkan pemasukan dan pengeluaran tapi juga struktur modal dan pengelolaan keuangan yang tepat.

2. Kemampuan menganalisis

CFO harus dapat menganalisa kondisi perusahaan, melakukan peramalan serta strategi ekonomi yang dapat diterapkan sehingga dapat menguntungkan perusahaan.

3. Kemampuan memimpin

Tak kalah penting juga, seorang CFO juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, karena mereka memiliki tugas yang menghubungkan perusahaan dengan mitra bisnis yang dimiliki seperti pemberi modal, banker ataupun sesama perusahaan.

Sekitar 75 persen dari peran yang dimiliki CFO adalah dalam hal memimpin serta menyatukan setiap orang

4. Kemampuan komunikasi

Komunikasi akan selalu menjadi aspek yang sangat penting, seorang CFO harus dapat mencari informasi serta mempengaruhi orang-orang

Selain harus memiliki kemampuan tersebut, untuk dapat menjadi CFO yang handal perlu untuk mengembangkan skill dan pengetahuan yang dimiliki secara berkelanjutan serta aktif dalam memberikan investasi dari kemampuan manajemen yang dimiliki.

Berikut ini adalah beberapa rangkuman tips dari CFO-CFO perusahaan besar internasional diantaranya:

  • Melakukan pengembangan skill berdasarkan kemampuan teknis yang dimiliki
  • Melakukan pekerjaan melebihi disiplin ilmunya
  • Mengikuti perkembangan tren
  • Mencari pengalaman international dengan cara bekerja di pasar luar negeri
  • Melihat ke masa depan

Leave a Reply