Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Mengingat keadaan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung mereda di seluruh dunia, prospek kerja kesehatan masyarakat akhir-akhir ini sangat tinggi.

Tenaga kesehatan masyarakat memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Tenaga kerja ini memberikan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat dan bekerja untuk meningkatkan hasil kesehatan hingga mengadvokasi kebijakan perawatan kesehatan.

Baca prospek kerja manajemen sumber daya perairan jika kamu berminat tentang dunia perairan.

Seorang tenaga kesehatan masyarakat juga bekerja mengidentifikasi serta memantau penyakit, melakukan berbagai fungsi kesehatan yang memiliki dampak besar dan bertahan lama pada seluruh populasi masyarakat.

Hal yang Dipelajari di Kesehatan Masyarakat

Jika kamu sangat berminat bekerja di bidang kesehatan masyarakat, maka kamu akan mempelajari beberapa hal seperti :

  1. Cara mengenalkan pentingnya kesehatan dengan berbagai upaya untuk masyarakat.
  2. Membahas bahaya terhadap kesehatan masyarakat pada suatu populasi, baik kecil maupun besar untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas hidup.
  3. Melacak kasus dan indikator kesehatan dengan menggunakan metode multidisiplin yang menggabungkan epidemiologi, biostatistik dan pelayanan kesehatan.

Beberapa prospek kerja kesehatan masyarakat sendiri ada banyak sekali seperti :

1. Dosen

Seorang dosen kesehatan masyarakat adalah orang yang memberikan pendidikan kesehatan kepada mahasiswanya.

Job descnya adalah merancang rencana pelajaran yang membahas tentang kesehatan masyarakat. Kisaran gaji seorang dosen S1 sendiri adala Rp 4-5 jutaan per bulan.

2. PNS

PNS di bidang kesehatan masyarakat ada banyak sekali. Seorang PNS tenaga kerja kesehatan masyarakat bekerja untuk melayani masyarakat tentang pentingnya untuk senantiasa menjaga kesehatan.

Job descnya PNS di bidang ini adalah melayani berbagai kelompok masyarakat dan mendidik masyarakat tentang mengelola kondisi yang ada dan kronis.

Kisaran gaji pokoknya tergantung pada UMK, namun rata-rata gajinya adalah Rp 3 juta.

3. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

K3 adalah pekerjaan yang selalu dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar. K3 mengembangkan prosedur dan standar keselamatan yang harus diikuti oleh tenaga kerja untuk memastikan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

Prospek kerja psikologi sangat cerah, apalagi sekarang banyak yang sadar akan kesehatan mental.

Job descnya adalah memanfaatkan pengetahuan yang ada di lapangan untuk mengembangkan proses yang efisien guna memastikan pekerja tidak jatuh sakit atau cedera karena lingkungan kerja mereka.

Kisaran gaji K3 sendiri adalah sekitar 5-20 juta tergantung posisi dan perusahaan.

4. Healthcare Administrator

Healthcare Administrator juga bisa disebut sebagai manajer layanan kesehatan atau manajer perawatan kesehatan yang bertugas mengarahkan pengoperasian rumah sakit, sistem kesehatan, dan jenis organisasi lainnya.

Healthcare Administrator memiliki tanggung jawab atas fasilitas, layanan, program, staf, anggaran, hubungan dengan organisasi lain dan fungsi manajemen lainnya.

Kisaran gaji seorang Healthcare Administrator adalah 3 juta.

5. Promosi Kesehatan

Promotor kesehatan adalah pekerjaan yang menilai, mendefinisikan, menerapkan dan mengawasi semua kegiatan di masyarakat.

Tugas kerjanya adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan risiko kesehatan, memperbaiki praktik kesehatan dan mendukung kegiatan pencegahan penyakit di masyarakat.

Gaji seorang tenaga promosi kesehatan adalah sekitar Rp 3 juta.

6. Gizi Kesehatan Masyarakat

Ahli gizi kesehatan masyarakat adalah pekerjaan yang memberikan nasihat kepada masyarakat tentang bagaimana mereka dapat menjalani gaya hidup sehat dengan lebih baik.

Tugasnya adalah mengidentifikasi masalah nutrisi pada sebuah populasi dan mengembangkan strategi yang membantu meningkatkan nutrisi.

Kisaran gaji gizi kesehatan masyarakat adalah Rp 2-5 juta per bulan.

7. Ahli Epidemiologi

Ahli epidemiologi adalah ahli kesehatan masyarakat yang menyelidiki pola dan penyebab penyakit atau cedera pada manusia.

Baca prospek kerja sastra inggris.

Ahli epidemiologi berusaha mengurangi risiko dan penyakit melalui penelitian, pendidikan masyarakat dan kebijakan kesehatan.

Kisaran gajinya ahli epidemologi adalah Rp 5 juta.

8. Biostatistician

Biostatistician adalah orang yang menginput statistik, mencari metode, dan mempelajari model untuk melakukan pengambilan keputusan dalam eksperimen biologis, di berbagai titik di seluruh siklus hidup bioresearch.

Kisaran gajinya Biostatistician adalah Rp 5-7 juta.

9. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Orang yang bekerja di bidang Administrasi Kebijakan Kesehatan adalah menelaah undang-undang, peraturan, atau penelitian apa pun yang terkait dengan beberapa hal.

Ya, menelaah undang-undang pada penerapan kebijakan asuransi, kebijakan perawatan rumah sakit, dan penelitian perawatan kesehatan yang lebih baik adalah tugas Administrasi Kebijakan Kesehatan. Kisaran gaji orang yang bekerja di bidang ini adalah Rp 3-5 juta.

Banyak sekali prospek kerja kesehatan masyarakat? Kamu yang ingin sekali bekerja di bidang ini, belajarlah yang rajin agar bisa menaklukkan karir impianmu!

Leave a Reply