CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang bisa kamu gunakan setelah mendapat gelar fresh graduate dari kampus.

Ini termasuk cara yang unik dan berbeda dari yang lain untuk menunjukkan kepercayaan diri kamu memasuki dunia kerja.

CV atau curriculum vitae menjadi bagian terpenting bagi siapa pun yang berminat mengajukan lamaran pekerjaan.

Semakin menarik isi CV, maka semakin besar peluang lamaran kerja akan diterima oleh perusahaan atau kantor yang kamu pilih.

Apa itu CV?

CV atau curriculum vitae adalah sebuah dokumen yang menggambarkan secara ringkas daftar riwayat hidup kamu sebagai syarat melamar sebuah pekerjaan.

Apa pun informasi yang tertulis dalam CV akan menjadi self-branding dari diri kamu, hingga nantinya dipanggil untuk interview kerja jika pihak perusahaan tujuan berminat merekrut.

Dalam penulisan CV yang baik, kamu harus membuat pembaca CV tersebut yakin memilih kamu sebagai kandidat yang sesuai dengan posisi kerja yang dibutuhkan.

Apalagi lampiran CV Bahasa Inggris dalam surat lamaran kerja memberikan poin lebih. CV ini banyak diminta sebagai persyaratan melamar kerja di perusahaan berskala internasional maupun nasional.

Apa Saja Isi di Dalam CV?

contoh cv bahasa inggris
Glints

Semakin banyak pengalaman yang ditulis dalam CV tentu memberikan poin lebih di antara kandidat lainnya.

Namun semua itu tidak akan bernilai, jika kamu tidak menuliskan semua informasi tersebut secara efektif. Bukan tanpa alasan, pihak perusahaan atau rekrutmen akan menilai diri kamu pertama kali melalui CV yang dilampirkan.

Penulisan CV menggunakan Bahasa Inggris tidak jauh berbeda dari susunan penulisan CV dalam bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang poin utama yang wajib ada dalam CV Bahasa Inggris kamu:

1. Personal Details

Poin pertama yang wajib tercantum dalam CV yaitu identitas diri. Apa saja informasi pribadi yang harus kamu tulis, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, hingga nomor telepon atau email yang dapat dihubungi oleh pihak perekrut nantinya.

2. Education

Poin kedua yang wajib kamu cantumkan yaitu riwayat pendidikan. Informasi ini mencakup nama sekolah dan tahun kelulusan dari bangku sekolah dasar hingga pendidikan terakhir yang kamu tempuh.

Menambahkan nilai GPA atau gelar yang didapat bagi fresh graduate bisa dilakukan untuk memberikan informasi lebih detail.

3. Job Experience

Poin selanjutnya yang cukup penting yaitu pengalaman kerja sebagai bahan pertimbangan mengapa kamu pantas untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Semakin banyak pengalaman kerja kamu di bidang yang berbeda tentu keterampilan kerja yang kamu miliki semakin banyak. Dari informasi pengalaman kerja ini, pihak rekrutmen bisa menilai apalah skill kamu relevan terhadap posisi yang dilamar.

4. Certificates

Poin terakhir yang wajib kamu cantumkan saat menulis CV lamaran kerja yaitu sertifikat keahlian jika ada.

Berkas pendukung ini memberikan poin lebih sebagai bahan pertimbangan mengapa lamaran kamu pantas diterima.

Semakin banyak sertifikat keahlian yang terlampir dan sesuai dengan posisi yang dilamar, tentu semakin tinggi peluang diterima.

Apa Saja Tips Membuat CV yang Baik dan Benar?

tips membuat cv bahasa inggris

Nah, kamu yang sudah berencana melamar pekerjaan setelah lulus kuliah, tentunya kamu harus menyiapkan CV yang bagus.

CV dengan Bahasa Inggris sepertinya wajib dicoba, apalagi di era global seperti sekarang. Berikut ini adalah tips membuat CV Bahasa Inggris yang harus kamu catat:

1. Check Grammar

Grammatical error adalah hal yang harus kamu hindari ketika hendak melampirkan CV dengan Bahasa Inggris.

Setelah selesai menyusun CV, kamu wajib cek grammar structure. Aturan pola tata bahasa ini memiliki peran penting pada penulisan kalimat Bahasa Inggris.

Pada umumnya, sebuah CV dengan Bahasa Inggris ditulis memakai past tense karena menceritakan pengalaman masa lampu, Namun, bagi fresh graduate atau belum banyak pengalaman kerja disarankan menggunakan pola present tense.

Selain itu, menggunakan kata ganti kepemilikan lebih diutamakan daripada kata ganti subjek agar CV terkesan lebih profesional dan meyakinkan. Buat kamu yang masih bingung dapat menggunakan tools tambahan untuk mengecek tata Bahasa Inggris yang sesuai aturan.

2. Ejaan dan Tanda Baca

Sama seperti CV bahasa Indonesia, kamu wajib memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca pada kalimat Bahasa Inggris.

Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman bagi pembaca CV. Pastikan kamu proofread CV yang sudah ditulis dengan batuan teman yang mahir dalam Bahasa Inggris atau tools untuk memastikan ketepatannya.

3. Layout Sederhana

Dalam penyusuanan CV dengan Bahasa Inggris selain harus benar dari faktor spelling dan grammar structure, pemilihan layout juga berperan penting. Gunakan layout sederhana namun tetap memberi kesan modern pada format penulisan.

Jumlah pelamar pekerjaan pasti sangat banyak, dan pihak recruiter dalam satu hari sangat mungkin membaca puluhan CV lamaran kerja.

Tips menulis CV yang benar yaitu menggunakan format dan ukuran font yang tidak kaku dan mudah terbaca oleh recruiter.

Demikian sedikit ulasan tentang CV Bahasa Inggris yang dapat kamu jadikan referensi. Peran CV bagi pelamar pekerjaan sebagai penentu seberapa besar kesempatan diterima bekerja di perusahaan tujuan.

Oleh karena itu, pastikan berikan informasi yang lengkap, disajikan secara ringkas dan jangan ragu mencantumkan prestasi atau pencapaian sebagai poin lebih pada CV yang kamu lampirkan.

Leave a Reply