Prospek Kerja Agroteknologi

Prospek kerja agroteknologi sangat bagus karena menyambut adanya revolusi industri 4.0 agar pertanian dapat menghasilkan produk unggul.

Seperti yang kamu ketahui Agroteknologi adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang penguasaan teknologi untuk digunakan dalam produksi pertanian dengan meningkatkan kualitas dan efisiensi.

Hal yang dipelajari di Agroteknologi

Hal-hal yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini adalah bagaimana cara mengelola suatu tanaman, hama, dan lahan dalam suatu eksosistem.

Prospek kerja sarjana farmasi selain jadi apoteker.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan produk unggul yang aman dan berdaya saing. Secara rinci, kamu akan belajar tentang berbagai masalah pertanian, perkebunan, dan pembenihan.

Telah diketahui bahwa prospek kerja agroteknologi sangatlah luas. Berikut adalah beberapa profesi yang dapat kamu geluti nantinya:

1. Dosen

Dosen adalah penjaga ilmu pengetahuan. Selain itu juga bertugas untuk mengembangkannya sesuai dengan bidang yang ia kuasai, seperti dalam hal teknologi maupun bidang yang lain melalui berbagai penelitian yang dipublikasikan.

Gaji menjadi seorang dosen berkisar antara Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000 setiap bulan.

2. PNS

PNS bertanggung jawab terhadap tugas yang ada di lembaga yang sedang dijabat. Tugas ini secara umum demi mencapai satu tujuan yaitu mendorong kebijakan yang berpihak baik pada rakyat, sehingga keadilan rakyat yang diidamkan selama ini dapat terwujud dengan baik.

Gaji menjadi seorang PNS berkisar antara Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000 per bulannya.

3. Peneliti

Seorang peneliti dalam bidang agroteknologi sangat diperlukan untuk mengembangkan berbagai penemuan baru terutama dalam bidang pertanian, sehingga pekerjaan dalam sektor pertanian dapat semakin ringan dijalankan.

Gaji yang bisa diperoleh seorang peneliti sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 8.000.000.

4. Surveyor tanah

Tanggung jawab seorang surveyor tanah adalah melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum suatu pekerjaan konstruksi maupun pembangunan dilakukan.

Surveyor tanah harus mengukur dengan mengamati bentuk, posisi, dan luas tanah dengan baik. Gaji yang dapat kamu peroleh dengan menjadi surveyor tanah adalah Rp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000 per bulan.

5. Ahli bioteknologi

Ahli bioteknologi seringkali dicari di bidang medis, misalnya dalam hal pengembangan rekombinan DNA untuk dapat memperbaiki mutu tanaman dan hewan dalam bidang agrikultur.

Baca prospek kerja kuliah hubungan internasional jika ingin berkarir di luar negeri.

Selain itu, ahli bioteknologi juga dapat ikut mendesain vaksin untuk beberapa jenis penyakit tertentu. Gaji yang dapat diraup oleh ahli bioteknologi setiap bulan adalah Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000.

6. Petani

Tugas seorang petani tentu yang utama adalah mengelola tanaman sehingga dapat memperoleh hasil panen yang baik.

Tugas petani tentu saja termasuk mengendalikan hama sehingga tanaman yang dimiliki tetap sehat. Gaji seorang petani tidak tentu, karena bergantung pada hasil panen dan luas lahan yang dimiliki.

7. Konsultan pertanian

Seperti namanya, konsultan pertanian bertugas untuk memberikan pembinaan, penyuluhan, dan pengarahan di bidang pertanian.

Sebelum melakukan penyuluhan, seorang konsultan pertanian harus melakukan survey terlebih dahulu, sehingga dapat memahami secara utuh persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat agar hal yang diarahkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Gaji seorang konsultan pertanian adalah sekitar Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000.

8. Quality control

Seorang Quality Control bertugas untuk mengendalikan kualitas produk yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan maupun badan usaha tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Ingin menjadi ahli gizi? Baca prospek lapangan kerja ilmu gizi.

Gaji yang bisa kamu raup ketika bekerja menjadi seorang Quality Control adalah sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000 setiap bulan.

9. Quality assurance

Berbeda dengan quality control, quality assurance bertugas untuk menjamin kualitas produk yang dikeluarkan oleh suatu usaha sebelum produk tersebut dilepas di pasaran.

Gaji sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000 dapat kamu raup setiap bulan ketika menjadi Quality assurance ini.

Leave a Reply