Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Prospek kerja Ilmu Kelautan adalah salah satu bidang yang sekarang ini sedang banyak diincar.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan negara dengan wilayah laut yang sangat luas. Ada lebih dari 13.000 pulau di Indonesia dengan jumlah luas laut yang luar biasa.

Sayangnya, masih sedikit tenaga yang tersedia untuk sumber daya tersebut. Kebanyakan sumber daya laut yang ada di Indonesia masih dikelola dengan cara tradisional.

Ingin kerja dari rumuah? Kuliah saja di DKV, prospek kerja dkv sangat menjanjikan di era internet saat ini.

Belum ada SDM yang cukup untuk mengelolanya secara modern. Karena itulah ada kesempatan yang besar bagi lulusan Program Studi Ilmu Kelautan.

Prospek kerja Ilmu Kelautan ini cenderung sangat banyak dan juga penting untuk keberlangsungan negara.

Lalu, apa saja sih yang dipelajari pada program studi Ilmu Kelautan ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Hal Yang Dipelajari di Ilmu Kelautan

Diatas telah sedikit dijelaskan mengenai Ilmu Kelautan. Program studi ini memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari ekologi, konservasi sumber daya, meteorologi laut, sampai pada pengelolaan AMDAL.

Jadi kamu tidak hanya sebatas mengenal kelautan saja, tetapi juga area pesisir dan pemberdayaan di sekitar laut tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa yang dipelajari di Ilmu Kelautan, simak berikut ini.

  • Biologi Larva Organisme Laut
    Materi pertama ada biologi larva organisme laut. Mata kuliah ini mempelajari tentang ruang lingkup dan juga batasan larva. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang peran larva dalam komunitas perairan laut.
  • Bioteknologi Kelautan
    Kedua ada bioteknologi kelautan yang membahas tentang pengertian dan dasar-dasar bioteknologi kelautan. Mata kuliah ini juga membahas tentang rekayasa genetika dan aplikasinya.
  • Dasar-Dasar Instrumentasi Kelautan
    Selanjutnya ada dasar-dasar instrumentasi kelautan yang membahas tentang deskripsi, bias, kepekaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain ketiga mata kuliah itu, tentu masih banyak hal menarik lainnya yang dipelajari pada prodi ini.

Ingin ikut serta membangun daerah? Baca prospek kerja ekonomi pembangunan.

Setelah mengetahui apa saja yang dipelajari pada prodi Ilmu Kelautan, sekarang kamu harus tahu prospek kerja Ilmu Kelautan. Nah, prospek kerja tersebut bisa kamu baca pada penjelasan dibawah ini.

1. Dosen

Profesi yang pertama yaitu tentu kamu bisa menjadi seorang dosen yang mengajar pada prodi tentang Ilmu Kelautan.

Kamu hanya tinggal memilih dimana keahlian yang paling bisa kamu ajarkan. Pada profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 3 jutaan ditambah tunjangan-tunjangan yang ada.

2. PNS

Profesi yang kedua tentu kamu bisa menjadi PNS. Di sini kamu akan menjadi bagian dari Kementerian kelautan dan perikanan Indonesia.

Untuk gaji pokoknya sendiri yaitu mulai 3 sampai 7 jutaan per bulannya.

3. Peneliti

Profesi yang ketiga dan paling banyak diincar yaitu menjadi seorang peneliti. Kamu bisa meneliti segala detail mengenai laut dan lingkungan di sekitarnya.

Biasanya seorang peneliti bisa digaji dengan total mencapai 5 juta rupiah tiap bulannya.

4. Manajer Akuakultural

Selanjutnya yaitu manajer akuakultural yang bertugas untuk mengarahkan serta mengoordinasikan aktivitas pekerja produksi pembenihan ikan.

Biasanya profesi ini memiliki rentang gaji mulai dari 5 juta rupiah.

5. Teknik Kelautan

Profesi selanjutnya yaitu teknik kelautan yang mempelajari mesin dan bangunan yang ada di laut. Biasanya profesi teknik kelautan memiliki rentang gaji mulai dari 4 sampai 7 juta rupiah tiap bulannya.

Saat ini prospek kerja ekonomi syariah sangat bagus, karena banyak bank syariah yang didirikan baik swasta maupun bumn.

6. Spesialis Konservasi Alam

Spesialis konservasi alam bertugas merencanakan dan mengembangkan pemeliharaan alam. Untuk gajinya sendiri berkisar antara 4 sampai 6 juta rupiah tiap bulannya.

7. Pengusaha

Yang terakhir yaitu pengusaha. Kamu bisa membuat sebuah usaha perikanan yang tentu sangat menguntungkan. Untuk penghasilannya pun bisa mencapai jutaan rupiah tiap bulannya.

Nah, seperti itulah sedikit informasi mengenai prospek kerja Ilmu Kelautan. Setelah mengetahui banyaknya kesempatan kerja yang tersedia, apakah Anda tertarik untuk mengambil konsentrasi bidang yang satu ini.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

Leave a Reply