Apa itu Integritas?

Integritas adalah suatu sikap atau tindakan yang menjadi cermin diri setiap individu. Integritas dibutuhkan dalam melakukan suatu tindakan yang tepat, bermanfaat bagi dirinya maupun dalam institusi atau lembaga bahkan suatu negara untuk menjalin kerja sama dengan negara lain.

Karena istilah ini sangat penting, maka perlu diperhatikan bagi diri sendiri maupun negeri.

Nah, dari pada kamu bingung pengertian integritas itu seperti apa, berikut ini adalah definisi integritas seperti di bawah ini.

Apa itu Integritas?

Secara etimologi, integritas berasal dari bahasa latin yakni integer. Integer sendiri diartikan sebagai sesuatu yang utuh dan lengkap.

Maka, dapat didefinisikan bahwa integritas merupakan suatu cara hidup yang secara konsisten antara tindakan yang dilakukan oleh seseorang.

Dengan mengandung arti kata utuh dan lengkap, maka dalam menjalankan integritas memerlukan perasaan batin yang utuh, lengkap dan secara konsisten ditunjukkan atau dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Integritas bukan hanya dilakukan pada seseorang, namun dalam suatu organisasi, lembaga atau institusi yang membutuhkan integritas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Bagaimana Definisi Integritas Menurut Ahli?

Integritas tidak luput dari aturan-aturan atau norma dalam masyarakat. Hal ini menjadikan seseorang dalam suatu masyarakat terikat terhadap peraturan-peraturan yang melahirkan suatu integritas.

Untuk itu, diperlukan suatu pemahaman secara menyeluruh terhadap makna integritas itu sendiri. Nah, jika kamu masih bingung dengan definisi integritas berikut adalah pengertian dan makna integritas yang bisa kamu ambil dari definisi menurut beberapa sumber sebagai berikut.

1. KBBI

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas diartikan sebagai mutu, keadaan atau sifat yang menunjukkan suatu kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan dan potensi yang memperlihatkan atau memancarkan suatu kejujuran dan kewibawaan.

2. Dr. Kenneth Boa

Menurut pendapat dari Dr. Kenneth Boa mendefinisikan integritas sebagai lawan dari kemunafikan. Menurutnya orang yang munafik tidak memiliki qualified untuk membimbing orang lain dalam mencapai suatu karakter yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, menurutnya tidak ada seorang pun yang menaruh repek pada seorang pribadi yang berbicara mengenai permainan yang baik, namun dirinya gagal untuk bermain seturut dengan permainan yang ada.

Seorang pemimpin akan dilihat bagaimana cara dia memimpin daripada apa yang dikatakan. Maka, integritas erat kaitannya dengan etika, moralitas, komitmen.

Dari perumpamaan Dr. Kenneth tentang integritas, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa integritas merupakan konsistensi antara tindakan yang secara utuh dengan batin seseorang yang ditunjukkan melalui karakter atau dalam ucapan.

3. Jack Welch

Dalam bukunya yang berjudul Winning, Jack Welch menjelaskan bahwa integritas adalah sebuah kata yang tidak jelas atau memiliki arti yang kabur. Seseorang yang memiliki integritas di contohkan seperti orang yang mengatakan kebenaran dan dapat memegang kata tersebut.

Orang tersebut bertanggungjawab terhadap semua tindakan di masa lalu, mengakui kesalahan yang dibuat dan mengoreksinya. Juga mengetahui hokum yang berlaku di dalam suatu negara, industri atau perusahaan tersebut dan mentaatinya.

Untuk itu, mereka dapat menang dengan bermain dengan benar dan bersih sesuai aturan yang berlaku. Dari berbagai survey dan studi kasus, integritas di definisikan sebagai kejujuran dari karakteristik seorang pemimpin yang paling dicari, dibutuhkan dan diminati.

Dari penjelasan di atas, maka integritas diartikan suatu kejujuran dalam ucapan dan tindakan seseorang untuk memimpin dirinya sendiri maupun dalam mencapai suatu tujuan dengan benar.

Kesimpulan

Berdasarkan pada beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa integritas merupakan tindakan atau kepribadian yang secara utuh, konsisten dan jujur dilakukan oleh setiap individu dalam kegiatan bermasyarakat, organisasi maupun bernegara atau mencapai tujuan hidup.

Apa Manfaat Memiliki Integritas Tinggi?

manfaat punya integritas

Dengan memiliki integritas yang tinggi, kamu akan memperoleh manfaat baik secara intelektual, sosial, emosional maupun spiritual.

  • Manfaat sosial, kamu dapat menjalin hubungan dan melakukan kerja sama yang baik dengan orang lain.
  • Manfaat intelektual adalah kamu bisa mengoptimalkan kemampuan kamu melalui hubungan yang baik dengan orang lain.
  • Manfaat spiritual yang baik dengan lebih bijaksana dalam memaknai atau menyikapi segala pengalaman hidup yang kamu miliki.
  • Manfaat fisik, karena hidupnya positif maka badannya lebih bugar, sehat serta semangat menjalani kegiatan.
  • Manfaat emosional, yaitu punya sifat sadar diri, kebijaksanaan, empati dan simpati yang tinggi.

Dengan demikian integritas sangat penting bukan untuk kamu miliki?

Jika kamu masih bingung tentang integritas dapat dicontohkan seperti mentaati tata tertib di tempat kamu sekolah atau bekerja, memiliki komitmen untuk tidak terlambat sekolah atau masuk ke dalam kelas setelah bel masuk.

Apa Karakter Orang yang Punya Integritas?

karakter orang integritas

Kamu dikatakan punya integritas yang tinggi, jika memiliki karakter atau sifat yaitu:

  • Memiliki komitmen,
  • Jujur dan dapat dipercaya,
  • Menepati ucapannya,
  • Bertanggung jawab,
  • Menghargai waktu,
  • Setia,
  • Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup.

Dari beberapa contoh di atas, sudah paham kan dengan apa itu integritas? Kamu juga bisa melakukan pendalaman tentang pengertian atau mencari makna integritas di berbagai buku-buku atau di internet.

Nah, demikian sedikit informasi tentang integritas yang bisa Anda implementasikan di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, organisasi atau di perusahaan tempatmu bekerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply