Apa itu Tes MBTI?

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah MBTI, salah satu tes psikologi yang diperkenalkan Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers anaknya pada tahun 1942. Tes ini dapat digunakan untuk keperluan mencari pekerjaan ataupun keperluan akdemik.

Berdasarkan Market Place 89 dari 100 perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 100 memanfaatkan tes ini untuk tujuan rekrutmen, membangun tim, manajemen potensi serta pelatihan leadership.

Apa itu MBTI?

MBTI (Myers-BirggsType Indicator) merupakan tes kepribadian yang dirancang dengan tujuan untuk mengkategorikan individu-individu berdasarkan cara mereka berpikir dan bertingkah laku.

Tes ini membagi kepribadian seseorang berdasarkan 4 dimensi dari sifat dasar manusia yang dikategorikan lagi menjadi 8 jenis. Dimensi pemusatan perhatian Introvert (I) vs Extravert (E), dimensi menerima informasi dari luarIntuition (N) vs Sensing (S), dimensi menarik keputusan dan kesimpulan Thinking (T) vs Feeling (F), dandimensi pola hidup Judging (J) vs Perceiving (P).

Banyak sekali perusahaan atau lembaga yang memanfaatkan tes ini dalam melakukan rekrutmen karyawan, karena menjadikannya sebagai acuan untuk mengenali dan memutuskan kandidat yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Selain untuk proses rekrutmen tes ini juga bermanfaat pada saat melakukan pelatihan atau training.

Pada versi Amerika Utara tes ini berisi 93 pertanyaan dengan pilihan ganda, sedangkan pada versi eropa berisi 88 pertanyaan pilihan ganda.

Namun beberapa pakar kurang setuju dengan tes ini karena menghasilkan tipe kepribadian yang kurang akurat serta tidak konsisten.

Apa Saja 16 Kepribadian dalam hasil MBTI?

Dari delapan kategori yang ada tersebut menghasilkan 16 kombinasi tipe kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Berikut ini adalah tipe-tipe kepribadian dan juga penjelasannya:

1. ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging) – The Giver

ENFJ merupakan pendengar yang baik, memiliki jaringan yang luas serta senang menghargai pertimbangan pribadi dan orang lain. Mereka mampu membaca potensi yang dimiliki orang lain dan membantunya mencapai tujuan terbaik.

Tipe kepribadian ini memiliki jiwa yang hangat, empati yang tinggi, serta merupakan pendengar yang baik dan suka bergaul.

2. ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) – The Champion

Tipe ENFP menyukai sesuatu yang berbau abstrak, mementingkan pertimbangan pribadi diatas logika serta memiliki jiwa bebas, suka membangun hubungan sosial dan emosional dengan orang lain sehingga membuat mereka tampak friendly.

Mereka memiliki kemampuan memahami pola dan hubungan dari suatu informasi pada kejadian tertentu sehingga membuatnya sangat percaya diri dalam melakukan segala hal.

Kepribadian ENFP memiliki sifat fleksibel, suportif, spontan dan sangat fasih dalam berbicara.

3. ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging) – The Commander

Tipe ini memiliki jaringan dan hubungan yang luas, suka berterus terang, dan penuh motivasi. Memiliki tekad yang kuat dan ambisi tinggi dalam meraih tujuan sehingga mempunyai bakat alami sebagai pemimpin.

Namun ambisi yang tinggi tersebut kadang menjadikannya tidak toleran, tidak sabaran serta keras kepala.

4. ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving) – The Debater

ENTP memiliki kepribadian yang cepat, siaga, berbakat serta telaten. Mereka juga cenderung blak-blakan dan sangat visioner, suka menyelesaikan masalah dengan cara-cara strategis dan menantang.

Sebagai seorang ekstrovert tipe ini menyukai kegiatan yang menari dan tidak begitu suka dengan rutinitas.

5. ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, Judging) – The Caregiver

Tipe ESFJ adalah tipe yang paling banyak ditemukan di dunia, mereka memiliki banyak teman dan bersahabat, serta suportif dalam mendukung orang lain. Mereka sangat menghargai ketertiban sosial dan membenci konflik.

Karakter mereka adalah suka bekerja sama dengan orang lain pada lingkungan yang harmonis.

6. ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving) – The Performer

Kepribadian yang dimiliki seorang bintang, mereka suka ketika lampu disorot kearahnya. Mereka menyukai kenyamanan materi, orang dan kehidupan, serta cenderung berlaku spontan dalam melakukan hal yang disenanginya.

ESFP dalam belajar dan bekerja sama dengan orang lain senang menggunakan pendekatan yang logis dan realistis.

7. ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, Perceiving) – The Persuader

Meski mereka selalu berorientasi pada tindakan, kadangkala ESTP juga bisa bertingkah sembrono. Mereka adalah sosok yang hangat dalam percintaan dan juga pekerja keras.

Karena memiliki sifat fleksibel dan toleran, mereka cenderung menyukai proses belajar secara langsung daripada sekedar mempelajari teori-teori.

8. ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging) – The Director

ESTJ adalah sosok-sosok eksekutif yang mewakili tradisi dan tatanan sosial yang ada di masyarakat.

Mereka adalah pribadi yang jujur, menegakkan keadilan dan memegang nilai kebenaran, oleh karenanya mereka sering dijadikan sebagai pemersatu keluarga dan masyarakat.

9. INFJ (Introverted, intuitive, Feeling, Judging) – The Advocate

Tipe idealis yang sangat pendiam, lembut dan selalu berpegang teguh pada hal-hal yang mereka yakini, memiliki kemauan keras dan mudah dalam menciptakan keseimbangan.

Meski demikian keyakinan kuatnya pada hal-hal yang mereka yakini membuat tipe INFJ cenderung memiliki sifat perfeksionis.

10. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) – The Mediator

INFP adalah tipe pendiam yang dikenal tidak ramah, namun sebenarnya mereka memiliki sifat sangat peduli terhadap orang lain.

Mereka senang menemukan celah-celah kebaikan bahkan disetiap keburukan, mereka sebenarnya juga cukup fleksibel dan adaptif kecuali pada keyakinan yang dipegangnya.

Saat menemukan teman bicara yang memiliki kepribadian sama mereka akan saling memperlihatkan keharmonisan, kesenangan, serta inspirasi.

11. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging) – The Architect

Tipe ini merupakan seorang pemikir yang kreatif, imajinatif dan strategis untuk semua tujuan. Mereka adalah tipe yang sangat independen dibanding tipe-tipe lainnya, mandiri, terorganisir serta memiliki standar kompetensi kerja untuk orang lain dan dirinya sendiri.

INTJ menyukai ide atau gagasan baru dan terjun dalam penelitian ilmiah karena mereka dapat dengan cepat memahami pola pada peristiwa untuk kemudian menyusun perspektif pada jangka panjang.

12. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving) – The Thinker

Memiliki kecenderungan yang sama dengan INTJ, sosok ini juga adalah seorang pemikir dan penuh dengan ide-ide kreatif.

Meski tampak arogan diluar, mereka sebenarnya adalah orang-orang yang sangat ramah apalagi pada orang yang dikenali atau memiliki ketertarikan yang sama.

INTP sangat ahli dalam mengembangkan wawasan, menyukai hal-hal yang berbau buka, dan paling bisa diandalkan.

13. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging) – The Protector

Tipe kepribadian ISFJ memiliki empati yang sangat tinggi, memiliki sifat kehati-hatian, waspada, teliti, dan juga pendiam. Meski demikian mereka dapat menjalin komunikasi dan berhubungan sosial dengan orang lain dengan cukup baik.

Mereka suka menunda untuk mengerjakan suatu hal namun percaya bahwa mereka dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu.

14. ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving) – The Artist

Mereka adalah para petualang yang memiliki jiwa bebas dan sangat mengedepankan nilai-nilai estetika.

ISFP adalah sosok-sosok yang memiliki spontanitas dan susah ditebak, menyukai kehidupan yang penuh warna dan membuatnya bisa menjadi diri sendiri.

Meski demikian mereka tetap mampu mengevaluasi serta mengintrospeksi diri sendiri saat berada pada fase jenuh.

15. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging) – The Inspector

Tipe ini memiliki jumlah sekitar 13% dan dianggap paling banyak, karakter mereka adalah tak kenal lelah pada tugas serta sangat terstruktur.

Mereka senang mengambil tanggung jawab, bangga pada pekerjaan yang mereka tekuni namun memiliki kecenderungan menyimpan pendapatnya sendiri dan sangat keras kepala.

ISTJ mengedepankan logika dalam mengambil keputusan, realistis, praktis, tekun, handal, teliti, serius dan sangat tenang.

16. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving) – The Crafter

ISTP adalah tipe rasional, toleran, fleksibel, dan dapat menemukan solusi terbaik dengan cepat. Meskipun memiliki kepribadian yang sangat tenang, tipe ini bisa tiba-tiba berubah menjadi sangat spontan.

Tipe kepribadian ini juga disebut kepribadian mekanik karena mereka suka mengeksplorasi satu proyek ke proyek lain.

Demikian adalah penjelasan terkait MBTI dan tipe-tipe kepribadiannya, hal ini tidak dapat menjadi patokan untuk menentukan kepribadian seseorang karena dikatakan bahwa 50% orang yang mengikuti tes ini akan memperoleh hasil yang berbeda pada tes yang kedua.

Dua faktor yang menjadi penyebab mengapa tes ini kurang tepat adalah adanya kompleksitas dari sifat manusia itu sendiri serta indikator yang kurang jelas dalam menjawab pertanyaan.

Jadi tes kepribadian ini hanyalah alat bantu yang dapat kamu gunakan untuk lebih memahami dan mengenali diri sendiri, bukan sebagai patokan hidup yang justru akan memberikan batasan pada diri sendiri.

Leave a Reply