15 Ciri-ciri Pemimpin Yang baik

Pemimpin menjadi posisi yang sangat penting dalam hal apapun. Pemimpin yang baik adalah salah satu tonggak untuk memastikan berjalan tidaknya suatu hal dengan efisien sesuai tujuan yang sudah ditetapkan bersama. Lantas, bagaimana menjadi pemimpin yang baik?

Biasanya, sosok pemimpin ini hadir dalam banyak hal. Mulai dari unit terkecil seperti keluarga, organisasi, komunitas, perusahaan sebagainya. Meski demikian, untuk semua konteks yang berkaitan dengan pemimpin selalu membutuhkan kriteria tertentu yang membuatnya ideal untuk dijadikan seorang pemimpin.

Untuk itu perlu diketahui berbagai kriteria seorang pemimpin yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri, pemimpin layaknya seorang nahkoda yang akan mengarahkan kepada kapal berlayar.

Pemimpin pulalah yang akan mengambil berbagai keputusan besar setelah mendapat kesepakatan bersama. Berikut adalah beberapa kriteria pemimpin yang baik.

1. Visioner

Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah visioner. Hal ini dikarenakan pemimpin yang baik itu mempunyai tujuan dan bisa mengkomunikasikannya secara jelas. Dengan begitu karyawan yang dipimpinnya akan tahu apa saja visi yang akan dicapai dan bagaimana cara untuk mencapainya.

Seorang pemimpin harus memastikan bahwa visi bisa dicapai dan dapat dipahami oleh semua bawahannya.

Pemimpin yang memiliki visioner akan menaruh fokus yang tinggi untuk dapat meraih tujuan dari apapun yang dipimpinnya.

2. Optimis

Kriteria pemimpin selanjutnya adalah selalu bersikap optimis. Sikap optimis diperlukan agar segala sesuatu yang dilakukan bisa maksimal karena telah terbangun pemikiran yang positif dan keyakinan yang kuat untuk bisa mencapainya.

Secara tidak langsung sikap yang optimis akan memudahkan untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Pemimpin yang optimis akan bisa mempengaruhi bawahannya untuk berpikir hal yang demikian juga.

Pemikiran optimis akan melahirkan banyak hal baik dalam mencapai tujuan.

3. Memiliki Integritas Tinggi

Integritas sangat diperlukan bagi seorang pemimpin.

Oleh sebab itulah integritas merupakan salah satu kriteria pemimpin yang baik. Integritas itu adalah tetap melakukan hal yang baik meskipun tidak ada yang mengetahui ataupun melihatnya.

Pemimpin memiliki integritas yang tinggi maka sesuatu yang dipimpinnya akan berjalan dengan lebih baik. Baik ada dan tidaknya karyawan yang melihat sikap atau perlakuan baik seorang pemimpin, pemimpin yang baik dan berintegritas tidak akan pernah mempermasalahkan hal tersebut.

4. Jujur

Sikap jujur dari seorang pemimpin juga menjadi salah satu kriteria penting. Jujur akan membawa banyak hal baik dalam suatu kepemimpinan. Segala sesuatu yang didasari dengan kejujuran akan menghasilkan hal-hal yang baik.

Kejujuran dalam bisnis ataupun yang lainnya tentu akan sangat diperlukan agar sesuatu yang dipimpin tetap berjalan sebagaimana tujuan awalnya. Salah satu tonggak keberhasilan yang paling penting. Itu pemimpin harus senantiasa memiliki sikap jujur.

5. Tegas

Perlu dibedakan antara tegas dan sombong. Tegas adalah sikap yang penting bagi seorang pemimpin karena bisa menjadi awal agar segala sesuatunya berjalan secara disiplin.

Ketegasan akan melahirkan hal-hal baik untuk sesuatu yang dipimpin.

Terlebih lagi seorang pemimpin akan selalu berhadapan dengan keputusan-keputusan yang terkadang tidak mudah. Disinilah ketegasan sangat diperlukan untuk bisa mengambil keputusan yang tepat.

6. Disiplin

Sebagaimana yang sering terdengar, disiplin merupakan salah satu Kunci keberhasilan. Tidak terkecuali untuk seorang pemimpin yang harus memiliki kriteria disiplin.

Apabila pemimpin sudah bisadisiplin, maka hal ini bisa mengajarkan bagi para bawahannya untuk melakukan hal yang sama.

Memberikan contoh yang baik adalah hal yang penting oleh sebab itu peran seorang pemimpin untuk dapat mencontohkan sikap disiplin sangatlah dibutuhkan dalam sebuah struktur organisasi dalam hal apapun.

7. Adil

Meskipun terdengar cukup multi pengertian, adil di sini kepada hal-hal yang memang sudah ditetapkan. Setiap organisasi atau perusahaan akan memiliki aturan tertulis yang sepatutnya sudah diketahui dari awal oleh para anggota.

Apabila ada yang melanggar maka sikap keadilan seorang pemimpin akan dibutuhkan. Objektivitas harus dikedepankan sementara subjektivitas harus dikesampingkan. Dengan begitu akan lahir sikap adil yang akan membawa kepemimpinan menjadi lebih baik.

8. Memiliki kecerdasan emosional

Kecerdasan intelektual yang dibutuhkan untuk bisa sampai pada tujuan yang diinginkan.

Disamping itu yang tidak kalah penting adalah kecerdasan emosional yang juga sangat penting untuk dapat merealisasikan tujuan. Seorang pemimpin sudah seharusnya punya kecerdasan emosional yang baik untuk dapat memimpin.

Apabila dihadapkan dengan hal-hal yang sulit, pemimpin yang baik harus bisa menyikapi dengan kepala dingin dan tidak mudah tersulut emosi. Segala sesuatunya harus dipertimbangkan dengan baik dan menggunakan logika yang sehat.

9. Rendah Hati

Meskipun seorang pemimpin lebih akrab dengan istilah perlu dihormati, bukan berarti rendah hati harus dihilangkan. Seorang pemimpin yang rendah hati akan memberikan iklim kerja yang baik sehingga usaha untuk mencapai tujuan akan lebih terbuka luas.

Rendah hati sendiri merupakan salah satu sikap yang positif dan apabila bisa dilakukan oleh seorang pemimpin maka turut hal-hal baik bagi bawahan untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Tentu saja hal ini akan berpotensi untuk mencapai tujuan dengan lebih baik.

10. Menerima Masukan

Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah dapat menerima masukan dari bawahannya. Pada dasarnya, ide untuk kemajuan bersama bisa lahir baik itu dari pemimpin ataupun bawahannya.

Oleh sebab itu sudah seharusnya seorang pemimpin terbuka atas segala masukan dari para bawahan untuk kemajuan bersama.

Menerima setiap masukan dan mencatat serta mempertimbangkan nya adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan seorang pemimpin. Dengan demikian pula, para bawahan merasa dihargai dan memiliki peran.

11. Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin memang memiliki tanggung jawab yang besar. Oleh sebab itulah pemimpin yang baik harus bisa bertanggung jawab atas sesuatu yang dipimpinnya. Atas segala resiko, pemimpin yang baik harus siap menghadapinya.

Memang bukan hal yang mudah, tetapi inilah yang memang penting untuk seorang pemimpin. Adanya rasa tanggung jawab yang tinggi membuat para bawahan merasa lebih percaya akan tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan.

12. Mampu berkomunikasi dengan baik

Pemimpin harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja termasuk bawahannya. Dengan adanya komunikasi yang baik akan melahirkan sesuatu yang baik pula. Melalui komunikasi lah segala sesuatunya bisa tersampaikan.

Baik itu ide, masukan, kritik dan lainnya bisa diutarakan dengan adanya komunikasi yang baik. Makna komunikasi yang baik disini adalah mampu menciptakan komunikasi yang saling memahami satu sama lain sehingga semua elemen yang terlibat paham akan tanggung jawabnya masing-masing.

13. Memiliki kemampuan manajemen yang baik

Seorang pemimpin pada dasarnya akan membawahi banyak orang. Oleh sebab itu kemampuan manajemen yang baik akan sangat dibutuhkan.

Kemampuan manajemen ini harus bisa dimulai dari diri sendiri dan kemudian diterapkan kepada bawahan. Adanya manajemen yang baik akan menjadi salah satu tonggak tercapainya tujuan bersama dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

14. Inovatif dan kreatif

Dua hal ini memang sangat diperlukan bagi seorang pemimpin. Dunia yang pada dasarnya dinamis Ini membutuhkan hal yang inovatif disertai eksekusi yang kreatif.

Kreatif dan inovatif ini dibutuhkan dalam banyak bidang. Seorang pemimpin yang mampu berinovasi dan memiliki kreativitas yang tinggi akan menjadi modal besar untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

15. Akuntabilitas

Satu hal lagi yang tidak kalah penting bagi seorang pemimpin adalah akuntabilitas. Memang sudah seharusnya seorang pemimpin memiliki akuntabilitas yang tinggi.

Seorang pemimpin yang bisa menerima banyak kritikan pada dasarnya memang lebih ideal untuk dijadikan seorang pemimpin. Semakin baik kontrol terhadap kritikan yang ada untuk menjadikannya sesuatu yang berharga, maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan.

Demikian informasi tentang pemimpin yang baik, semoga dapat menambah informasi.

Leave a Reply