Officer Development Program

Pernah dengan ODP? Bukan ODP istilah dalam covid-19 ya, tapi ODP singkatan Officer Development Program.

Program kerja ini paling sering kita temukan di bank, karena memang saat kuliah kita tidak diberi pelatihan khusus untuk bisa langsung bekerja di bank jadi perlu adanya training khusus dari tiap perbankan.

Apa itu ODP?

Secara definisi, ODP atau officer Development Program adalah sebuah program rekrutmen untuk level officer yang mana para pesertanya akan diproyeksikan untuk mengisi posisi sebagai manajerial di perusahaan tertentu.

Jika dilihat officer Development Program ini hampir mirip dengan manajemen training di mana sama-sama memungkinkan pelamar untuk bisa bekerja sambil berlatih untuk posisi yang sebenarnya.

Dalam officer Development Program, pelamar biasanya akan mendapatkan bayaran sehingga hal ini bisa menjadi pembeda dengan program lainnya seperti internship yang lebih kepada sukarela untuk mendapatkan pengalaman.

Sistem ODP ini paling sering ditemukan untuk di proses rekrutmen perusahaan BUMN dan Bank, walaupun di perusahaan swasta juga kadang menggunakan sistem ini.

Apa Kelebihan ODP?

Pada dasarnya officer Development Program ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya banyak diminati para pencari kerja.

Kelebihan yang pertama mengarah pada kesempatan untuk mendapatkan ilmu terkait bidang yang ingin dilamar.

Dengan mengikuti program pra kerja atau office development ini, para pelamar jadi lebih tahu tentang pekerjaan dan tugas-tugas untuk posisi yang dilamarnya.

Kelebihan selanjutnya adalah mendapatkan bayaran selama bekerja meskipun belum sah diterima.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pelamar yang berkesempatan mengikuti ODP akan mendapatkan bayaran selama bekerja. Hal ini tentu menjadi kelebihan karena bisa merasakan layaknya orang yang sudah diterima sekaligus mendapatkan pengalaman.

Bagaimana Sistem Pelatihan ODP di Perusahaan?

Officer Development Program memiliki beberapa sistem latihan yang harus diketahui para calon pelamar. Sistem pelatihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Classical

Sistem pelatihan yang pertama adalah classical. Sistem pelatihan ini juga sering disebut in-class training.

Nantinya para peserta akan diberi pelatihan tentang pengetahuan dasar di sebuah kelas. Selain itu ada pula yang mengikutsertakan kegiatan berupa role play untuk lebih mendalami materi yang akan diberikan.

2. On job training

Sistem pelatihan selanjutnya adalah on job training. Sistem pelatihan ini bisa dilakukan apabila sudah melewati tahapan classical atau in class.

Para peserta yang mengikuti tahap on job training ini akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung pekerjaan sesuai posisi yang dilamar.

Dengan begitu para calon pekerja akan mengetahui apa saja yang harus dihadapi ketika nantinya diterima menjadi karyawan di perusahaan yang bersangkutan.

Pada tahap ini para pelamar akan menjalin banyak interaksi dengan banyak sosok-sosok senior di perusahaan tersebut.

Hal ini sekaligus memberikan manfaat untuk bisa menunjukkan potensi terbaik dalam diri setiap pelamar untuk meyakinkan perusahaan bahwa dirinya layak untuk dipilih menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Tips Mengikuti Seleksi ODP

Saat mengikuti seleksi officer Development Program atau ODP, kamu membutuhkan beberapa tips yang bisa membuat kamu lebih percaya diri dan siap untuk dengan para pelamar lainnya.

Adapun tips-tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Pilih perusahaan yang akan dilamar

Tips yang pertama adalah memilih perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai kamu masih kebingungan saat sampai di lokasi Job Fair. Semakin mantap pilihan kamu terkait perusahaan yang ingin dilamar maka titik fokus untuk meraih posisi yang diinginkan akan semakin kuat.

Selain itu menentukan pilihan perusahaan juga akan berkaitan dengan kualifikasi kemampuan serta minat kamu di bidang pekerjaan tersebut. Pilihlah perusahaan Yang kamu rasa cocok untuk kamu baik itu dari segi keahlian yang kamu miliki dan latar belakang pendidikan yang kamu miliki.

2. Mempersiapkan CV dan kemampuan diri

Bagi para pelamar kerja termasuk untuk officer Development Program biasanya membutuhkan CV untuk bisa melihat kualifikasi calon karyawan ataupun pegawai yang akan direkrut.

Itu perlu dipastikan CV yang dibuat sudah semaksimal mungkin bisa menggambarkan kemampuan yang ada dalam diri kamu.

Jangan sampai ada kemampuan yang terlewatkan untuk dituliskan ke dalam CV yang bersangkutan. Terutama untuk kemampuan yang relevan dengan bidang yang dilamar.

Hal ini bisa saja menjadi nilai tambah bagi kamu untuk diterima dalam program kerja ini.

3. Datang ke Job Fair

Bagi para pelamar kerja, termasuk saat ingin menemukan officer Development Program bisa dilakukan dengan mendatangi Job Fair.

Di job fair kamu akan menemukan banyak perusahaan yang membuka program tersebut untuk bisa diikuti. Job Fair juga menjadi bagi para pencari kerja untuk menemukan perusahaan yang diinginkan.

Disiplin dan telaten lah dalam memilih perusahaan di Job Fair yang bersangkutan peserta ikuti aturan dan tata tertib yang ada di Job Fair tersebut. Pandai-pandailah menempatkan diri ketika job fair berlangsung.

4. Mengikuti tes dengan cermat

Kecermatan dalam setiap rangkaian tes memang harus dimiliki para peserta yang ingin lolos.

Biasanya perusahaan yang membuka kesempatan officer Development Program akan mengikutsertakan ujian tulis focus group discussion Untuk melihat seberapa mampu peserta yang bersangkutan untuk memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan.

Oleh sebab itu persiapkanlah diri Sematang mungkin untuk menghadapi ujian tes dan persiapkan pula kemampuan berkomunikasi untuk memastikan penilaian dalam tahap focus group discussion bisa lebih baik. Hal ini bisa membantu untuk memperbesar peluang lolos.

5. Jaga kesehatan

Pada umumnya, tes kesehatan akan diperlukan untuk bidang pekerjaan apapun. Termasuk untuk officer Development Program ini.

Tes kesehatan selalu berbarengan dengan tes interview yang juga turut penting menentukan lolos tidaknya pelamar untuk mengikuti officer Development Program.

Apabila tahap ini bisa terlewati tentu saja peluang untuk bisa diterima di perusahaan yang bersangkutan lebih besar.

Atau dengan kata lain ini menjadi gerbang awal untuk bisa mengasah kemampuan dan membuktikan bawa kamu pantas untuk diterima di perusahaan tersebut.

Demikian informasi mengenai officer Development Program, semoga dapat menambah informasi.

Leave a Reply