Prospek Kerja Farmasi

Prospek kerja Farmasi adalah salah satu peluang yang sekarang ini banyak diincar oleh sebagian besar orang. Siapa yang tidak kenal dengan dunia farmasi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan.

Belajar farmasi merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang yang tertarik dengan bidang obat-obat.

Peluang dan prospek kerja teknik fisika cukup menjanjikan.

Tidak heran dengan mempelajari ilmu farmasi, kamu bisa mengetahui dan menganalisis obat dengan cepat.

Apalagi ditambah dengan prospek kerja Farmasi yang sangat banyak namun peminatnya sedikit. Tentu hal tersebut sangat menggiurkan, bukan?

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ilmu Farmasi simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Hal yang Dipelajari di Farmasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa farmasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan.

Hal ini meliputi cara mengolah, mensintesis, dan mengonsumsinya. Untuk selengkapnya simak hal yang dipelajari di farmasi berikut ini.

  • Farmakologi
    Hal atau materi pertama yang wajib untuk dipelajari dalam ilmu farmasi adalah farmakologi. Pada bidang ini, kamu akan mempelajari bagaimana obat-obatan bisa berpengaruh dan berinteraksi dengan tubuh manusia.
  • Clinical Practice
    Kedua ada bidang clinical practice. Bidang ini mempelajari tentang layanan kesehatan. Pada umumnya bidang ini menyiapkan seorang mahasiswa untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada masyarakat.
  • Mikrobiologi dan Imunologi
    Selanjutnya ada mikrobiologi dan imunologi. Bidang ini mempelajari tentang mikroba yang biasanya dapat menyebabkan suatu penyakit. Bidang ini juga erat dengan virologi, bakteriologi, dan juga mycologi.

Setelah mengetahui apa saja yang bisa dipelajari di farmasi, sekarang kamu bisa mempelajari tentang prospek kerja farmasi. Tentunya sangat banyak prospek kerja di sini. Apa saja itu? Simak berikut ini.

Peluang dan prospek kerja teknik geologi di masa depan.

1. Dosen

Prospek kerja yang pertama yaitu dosen. Dengan berkuliah di jurusan farmasi, nanti kamu bisa menjadi dosen di Universitas dan mengajar tentang farmakologi, dan ilmu lainnya. Untuk gaji biasanya memiliki rentang antara Rp 3-6 juta per bulannya.

2. PNS

Profesi yang kedua ada PNS. Kamu bisa tergabung kedalam jajaran Kementerian kesehatan Indonesia yang bertugas mengawasi kesehatan seluruh masyarakat. Untuk gajinya berkisar antara Rp 3-7 juta per bulan tergantung dari wilayah kerjanya.

3. Peneliti

Prospek kerja selanjutnya yaitu kamu bisa menjadi seorang peneliti obat-obatan. Tentunya kamu bisa menemukan berbagai obat yang belum ditemukan sebelumnya. Untuk gaji peneliti biasanya mencapai Rp 5 juta per bulannya.

4. Apoteker

Selanjutnya kamu juga bisa menjadi seorang apoteker yang bertugas menangani obat-obatan untuk pasien. Pada pekerjaan ini kamu bisa mendapatkan gaji sebesar kurang lebih Rp 3 jutaan per bulannya. Bagaimana, cukup menguntungkan bukan?

5. Marketing Obat

Profesi selanjutnya yaitu kamu bisa menjadi marketing obat yang menjual berbagai macam obat untuk keperluan kesehatan. Omzet yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi marketing obat adalah kurang lebih Rp 3 jutaan per bulannya.

6. Ahli Kecantikan

Kamu juga bisa menjadi seorang ahli kecantikan ketika berkuliah di jurusan farmasi. Kamu bisa meracik obat kecantikanmu sendiri atau juga menjadi konsultan kecantikan orang lain. Biasanya profesi ini memiliki rentang gaji sekitar Rp 3-5 jutaan.

Dunia industri 4.0 membuka peluang dan prospek kerja teknik industri.

7. Farmasi Industri

Yang terakhir yaitu menjadi farmasi industri. Biasanya kamu akan ditempatkan pada bagian research and development dengan rentang gaji mulai dari Rp 3 hingga Rp 7 juta per bulannya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang prospek kerja farmasi yang bisa disampaikan. Sebelum kamu masuk ke jurusan farmasi, ada baiknya untuk melakukan research terlebih dahulu terhadap jurusan tersebut.

Dengan begitu, kamu sudah memiliki gambaran tentang apa saja materi yang harus dipelajari saat mengambil jurusan Farmasi. Selamat mencoba!

Leave a Reply