Prospek Kerja Teknik Fisika

Tahukah kamu bahwa prospek kerja teknik fisika sangat banyak sekali untuk bisa dijelajahi. Teknik fisika adalah studi tentang gabungan disiplin ilmu fisika, teknik, dan matematika untuk mengembangkan pemahaman tentang keterkaitan ketiga disiplin ilmu ini.

Fisika dasar dikombinasikan dengan pemecahan masalah dan keterampilan teknik, yang kemudian memiliki penerapan yang luas. Berikut adalah prospek kerja yang dimasuki oleh orang-orang lulusan teknik fisika.

Hal yang Dipelajari di Teknik Fisika

Jurusan Teknik Fisika berfokus pada penggunaan fisika saat menganalisis dan mengevaluasi masalah teknik.

Kamu akan mempelajari fisika komputasi, superkonduktivitas, termodinamika terapan, bagaimana bahan bereaksi dalam suhu tinggi dan rendah, dan penelitian ilmu ruang angkasa.

Dengan memadukan fisika dan teknik, kamu akan mempelajari bagaimana area-area ini saling mendukung dan berinteraksi. Pengetahuan ini akan memungkinkan kamu menjadi problem solver yang ulung.

Mata kuliah yang mungkin kamu temui dalam teknik fisika meliputi :

  1. Fisika
  2. Kalkulus
  3. Statistik
  4. Kekuatan material
  5. Kimia material
  6. Aljabar
  7. Kimia
  8. Termodinamika
  9. Dinamika fluida
  10. Listrik dan magnet

Beberapa prospek profesi pekerjaan teknik fisika sendiri adalah :

1. Dosen

Dosen Teknik Fisika adalah orang yang mengajar mahasiswa dengan jurusan Teknik Fisika. Tugas kerjanya adalah memberikan mata kuliah untuk mahasiswa jurusan Teknik Fisika. Kisaran gaji dosen Teknik Fisikaadalah 3-4 juta.

2. PNS

Teknik Fisika juga bisa bekerja menjadi PNS di lembaga milik pemerintah. Tugas kerjanya bisa jadi berhubungan dengan nanoteknologi, biomekanik, biofisika, astrodinamika di lembaga pemerintah. Gaji yang dimiliki oleh seorang PNS di bidang ini adalah 2-3 juta tergantung UMK.

3. Peneliti

Peneliti di bidang Teknik Fisika adalah melakukan riset pada fisika klasik dan modern, kimia, dan matematika dengan aplikasi teknik. Tugas kerjanya selain melakukan penelitian adalah membuat jurnal. Kisaran gaji seorang peneliti Teknik Fisika adalah 2-3 juta rupiah.

4. Industri Pembangkit Listrik

Kerja di industri pembangkit listrik bertugas mengoperasikan dan memelihara peralatan di pembangkit listrik. Kisaran gaji pekerja pembangkit listrik adalah 2-3 juta rupiah

5. Kerja di Tambang

Seorang teknik fisika juga bisa bekerja di tambang. Penambang batu bara membawa batu bara ke permukaan dan mengangkut batubara ke pabrik.

Tugas kerjanya adalah memproses batu bara mentah sesuai dengan kebutuhan pembeli. Penambang juga bekerja untuk memastikan keamanan tambang. Kisaran gajinya adalah Rp 5-10 juta.

6. Kerja di Perminyakan

Kerja di perminyakan adalah merancang peralatan untuk mengekstraksi minyak dan gas dari cadangan darat dan lepas pantai jauh di bawah tanah.

Jadi, tugas kerjanya adalah mengembangkan rencana untuk mengebor ladang minyak dan gas, dan kemudian memulihkan minyak dan gas. Kisaran gaji orang yang bekerja di perminyakan sangat tinggi, berkisar Rp 5-10 juta.

7. Perusahaan Elektronik

Bekerja di perusahaan elektronik mengharuskan seseorang membuat, merancang, dan mengembangkan perangkat sehari-hari seperti ponsel, perangkat musik portabel, dan komputer.

Ya, tugas kerjanya adalah menghasilkan inovasi dan perkembangan baru di bidang telekomunikasi, robotika, perangkat keras komputasi, dan peralatan listrik. Kisaran gajinya adalah sekitar 3-7 juta.

Kamu yang memang tertarik di bidang teknik fisika, ternyata ada banyak sekali peluang kerjanya. Prospek kerja teknik fisika di atas sangat bagus untuk karir kamu ke depannya.

Leave a Reply