Prospek Kerja Hubungan Internasional

Hubungan internasional merupakan program studi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan interaksi internasional, tidak hanya mempelajari hubungan diplomasinya melainkan konflik, kesejahteraan, ekonomi serta perdamaian dunia.

Prospek kerja hubungan internasional sangat banyak dan prestisius, mulai dari perusahaan internasional, kementrian luar negeri, organisasi internasional, hingga menjadi seorang konsultan.

Hal yang dipelajari di Hubungan Internasional

Materi yang dipelajari dalam program studi ini sangat luas, berkaitan dengan topic-topik yang berkembang di seluruh dunia.

Era internet saat ini prospek kerja teknik informatika sangat terbuka lebar.

Lebih menarik lagi, gelar untuk lulusan program studi ini bergantung pada tempat menempuh pendidikan, ada yang memberikan gelar sarjana Hubungan Internasional, sarjana Ilmu Politik dan sarjana Sosial.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari diantaranya:

  • Sejarah hubungan internasional
  • Politik internasional
  • Organisasi internasional
  • Sejarah diplomasi
  • Hukum internasional
  • Politik luar negeri Indonesia
  • Ekonomi politik internasional
  • Hubungan internasional di berbagai benua, dll

Dengan banyaknya materi serta pilihan gelar tersebut membuat prospek kerja hubungan internasional juga lebih luas baik itu untuk bekerja di dalam maupun di luar negeri diantaranya:

1. Dosen

Merupakan tenaga pengajar atau pendidik profesional di sebuah perguruan tinggi, sebelum bisa mengajar kamu diharuskan untuk menempuh pendidikan magister pada program studi yang sama.

Gaji yang diperoleh dengan menjadi seorang dosen adalah bervariasi bergantung pengalaman yang dimiliki, selain itu seorang dosen juga dapat memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

2. PNS

Merupakan pegawai pemerintah yang menjadi bagian dari aparatur sipil negara dengan tugas umum melakukan pelayanan terhadap public.

Selain memperoleh banyak tunjangan, seorang PNS juga memiliki gaji yang bervariasi yang akan terus meningkat seiring meningkatnya jabatan.

3. Peneliti

Merupakan seseorang yang memiliki tugas utama melakukan penelitian dan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tugas utama mereka adalah menemukan solusi dari berbagai permasalahan.

Besaran gaji dari seorang peneliti adalah Rp 4 juta hingga Rp 8 juta rupiah.

Jurusan tekkim termasuk jarang, sehingga lulusan dan prospek kerja teknik kimia banyak menjadi rebutan.

4. Jurnalis

Merupakan seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik, tugas utamanya adalah menulis, menganalisis serta melaporkan terjadinya sebuah peristiwa kepada masyarakat melalui media massa.

Gaji yang diperoleh sebagai jurnalis pemula mencapai Rp 3 juta rupiah.

5. Duta besar

Merupakan orang yang bekerja untuk mewakili negaranya di negara lain ataupun organisasi internasional dengan tugas utamanya adalah melindungi warga negaranya, menjaga hubungan baik dengan negara lain serta sebagai perantara kerjasama bisnis. Gaji seorang duta besar dapat mencapai ratusan juta rupiah.

6. Diplomat

Adalah perwakilan pemerintahan suatu negara yang bertugas melakukan kegiatan diplomatic baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tugas utamanya adalah representing, protecting, negotiating,promoting, dan reporting. Gaji seorang diplomat berkisar antara Rp 4 hingga 8 juta rupiah.

7. Politikus

Merupakan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan berpolitik, yang memiliki tugas utama menjalankan kebijakan yang didasarkan pada aspirasi masyarakat. Gaji seorang politikus bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk melindungi lingkungan supaya tetap sehat, prospek kerja teknik lingkungan tentu banyak dibutuhkan.

8. Konsultan internasional

Merupakan seseorang yang bekerja untuk perusahaan dalam rangka menjawab prospek dari sebuah perusahaan di kancah internasional.

Tugas mereka adalah melaksanakan proyek spesifik bersama klien dalam berbagai bidang seperti market research dan corporate strategy dengan gaji Rp 5 juta hingga puluhan juta rupiah.

9. Public relations

Lebih dikenal dengan staf Humas, merupakan seseorang yang bekerja sebagai penghubung diantara berbagai pihak.

Tugas utamanya adalah mempresentasikan citra serta membagikan informasi terkait perusahaan dengan gaji yang dapat mencapai Rp 4 sampai 8 juta rupiah per bulan.

Leave a Reply