Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Buat kamu yang suka sekali dengan teknik dan lingkungan, ternyata prospek kerja teknik lingkungan di Indonesia dan luar negeri banyak sekali lho!

Teknik Lingkungan adalah disiplin ilmu teknik yang sangat populer yang menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan.

Seorang lulusan teknik lingkungan akan mengabdikan diri untuk mencari sumber energi terbarukan dan solusi mencegah polusi dan masalah lingkungan lainnya.

Baca juga: prospek kerja teknik industri.

Apa saja ya prospek kerja pada bidang ini?

Hal yang Dipelajari di Teknik Lingkungan

Seperti gelar teknik lainnya, teknik lingkungan juga mempelajari mata kuliah lain seperti matematika, kimia, geografi, teknologi, biologi, ekonomi, dan cabang teknik lainnya (seperti sipil atau pertambangan).

Beberapa hal yang dipelajari adalah :

  1. Mengaitkan hubungan antara kualitas lingkungan dan kesehatan untuk mempelajari masalah-masalah seperti penyakit yang ditularkan melalui air dan polutan, serta implementasi undang-undang sanitasi.
  2. Mempelajari topik-topik seperti mekanika fluida, perpindahan panas dan massa, matematika teknik, termodinamika teknik, dasar-dasar teknik proses, dan kimia pengantar.
  3. Menganalisis situasi dan memutuskan penggunaan teknologi terbaik untuk memecahkan tantangan lingkungan, serta memastikan bahwa pembangunan dan penggunaan sumber daya dijaga semaksimal mungkin.

Beberapa prospek kerja teknik lingkungan yang terbuka lebar adalah :

1. Dosen

Dosen Teknik Lingkungan adalah orang yang mengajar tentang mata kuliah Teknik Lingkungan pada mahasiswanya.

Jika suka IT, ada baiknya membaca prospek kerja teknik informatika.

Dosen bertugas mengajarkan dan mengevaluasi materi mata kuliah mahasiswanya. Kisaran gaji seorang dosen teknik lingkungan adalah Rp 3 juta.

2. PNS

PNS di bidang teknik lingkungan adalah pekerja yang menilai efek polusi manusia terhadap lingkungan.

Tugasnya adalah menemukan solusi teknis untuk memerangi degradasi lahan, dampak polutan terhadap lingkungan, dan masalah lain yang menyertai pembangunan perkotaan. Kisaran gaji PNS adalah Rp 2-5 juta tergantung pangkat dan golongan.

3. Ekonom

Ekonom adalah pekerjaan yang menganalisis ekonomi terkait dengan perlindungan lingkungan dan pemanfaatan lingkungan alam, seperti air, udara, tanah, dan sumber energi terbarukan.

Tugas ekonom di bidang teknik lingkungan adalah mengevaluasi dan mengukur manfaat, biaya, insentif, dan dampak dari opsi alternatif menggunakan prinsip ekonomi dan teknik statistik.

Kisaran gajinya Ekonom adalah Rp 5-10 juta.

4. Peneliti Bioteknologi

Peneliti bioteknologi adalah orang yang menyelidiki seluk-beluk berbagai bentuk kehidupan tumbuhan dan hewan pada tingkat molekuler.

Tugasnya adalah menggunakan manipulasi genetik untuk mencoba meningkatkan produksi pertanian, produk farmasi, perawatan medis, atau mitigasi pencemaran lingkungan.

Silahkan baca prospek kerja teknik kimia jika suka dengan pelajaran kimia.

Kisaran gaji peneliti Bioteknologi adalah Rp 3-5 juta.

5. Teknisi Konservasi Lingkungan

Pekerjaan seorang Teknisi Konservasi Lingkungan adalah memantau lingkungan dan menyelidiki sumber pencemaran dan kontaminasi, termasuk yang mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Tugas seorang Teknisi Konservasi Lingkungan adalah memeriksa tempat-tempat, termasuk tempat umum dan bisnis, untuk memastikan bahwa tidak ada bahaya lingkungan, kesehatan, atau keselamatan.

Kisaran gaji pekerjaan ini adalah Rp 5 jutaan.

6. Peneliti dan Teknisi Kimia

Pekerjaan peneliti dan teknisi kimia adalah mengembangkan, memproduksi, dan menguji produk dan proses kimia dengan menggunakan teknik dan instrumen laboratorium.

Tugas kerjanya adalah melakukan eksperimen dan memantau proses produksi serta menyiapkan grafik, laporan teknis, dan bagan sehingga dapat memberikan presentasi ringkasan temuan mereka.

Kisaran pendapatan peneliti teknik kimia adalah Rp 3-5 juta.

7. Konsultan Lingkungan

Seorang konsultan lingkungan adalah pekerjaan yang melakukan penilaian lingkungan secara menyeluruh untuk mengidentifikasi dan meminimalkan risiko yang akan mengakibatkan tindakan hukum atau denda.

Tugas kerjanya juga menjadi seorang konsultan dan memberikan solusi atas industri untuk memastikan taat pada undang-undang lingkungan sehingga bisa menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan.

Kisaran gaji menjadi konsultan lingkungan adalah Rp 5-7 juta.

8. Pemeliharaan Kualitas Air

Seorang tenaga kerja pemeliharaan kualitas air adalah pekerjaan yang mempersiapkan dan mengembangkan studi teknis, skema, dan menilai semua persyaratan pengaturan, pengoperasian dan pemeliharaan pengolahan air.

Tugas kerjanya adalah melakukan klorinasi, sistem pengujian dan peralatan air minum.

Kisaran gaji bagian pemeliharaan kualitas air adalah Rp 3-5 juta.

9. Petugas Daur Ulang

Petugas daur ulang adalah orang yang bekerja untuk otoritas lokal. Tugas kerjanya adalah mengembangkan dan menerapkan kebijakan untuk membantu orang mendaur ulang dengan lebih mudah.

Industri semakin maju, membuka prospek kerja teknik mesin semakin banyak.

Job desc lainnya adalah memberikan saran kepada publik, dan menyelenggarakan acara dan skema untuk mempromosikan daur ulang.

Kisaran gajinya adalah Rp 3 juta.

10. Manager Pengelolaan Energi

Terakhir, manager pengelolaan energi adalah pekerjaan yang membantu memantau dan mengurangi penggunaan energi. Tugas kerjanya adalah menyoroti pengurangan energi di seluruh bisnis, proyek, dan lokasi.

Kisaran gajinya manager adalah Rp 3-6 juta.

Buat kamu yang sangat tertarik di bidang teknik lingkungan, tenang saja! Ada banyak prospek kerja teknik lingkungan yang bisa kamu masuki ke depannya.

Leave a Reply