Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Islam

Indonesia merupakan sebuah negara dengan penduduk mayoritas muslim, sehingga memungkinkan lembaga pendidikan islam berkembang dengan pesat.

Karena itulah prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam adalah salah satu bidang yang sekarang ini peminatnya terbilang sangat tinggi.

Manajemen pendidikan islam sendiri merupakan program studi yang mempelajari tentang pengelolaan, dan pelaksanaan proses pendidikan serta infrastruktur di dalamnya. Apa saja yang dipelajari?

Baca prospek kerja teknik informatika jika kamu suka dunia komputer.

Bagaimana prospek kerjanya? Simak penjelasan berikut ini.

Hal yang Dipelajari di Manajemen Pendidikan Islam

Nah, diatas telah sedikit dijelaskan mengenai apa itu program studi manajemen pendidikan islam. Sebenarnya apa saja sih yang dipelajari pada program studi ini? Simak informasinya berikut ini.

  1. Bahasa Arab
    Hal pertama yang dipelajari pada program studi ini sudah pasti Bahasa Arab. Kamu akan mempelajari dasar-dasar Bahasa Arab hingga mencapai ke tingkat yang paling tinggi.
  2. Sejarah Peradaban Islam
    Mata kuliah kedua yang pasti dipelajari pada program studi Manajemen Pendidikan Islam yaitu sejarah peradaban Islam. Dengan mempelajari sejarah peradaban Islam, tentu kamu jadi lebih memahami manajemen yang baik dalam Islam.
  3. Islam dan Manajemen
    Selanjutnya yaitu ada mata kuliah Islam dan manajemen. Mata kuliah satu ini menggabungkan antara manajemen secara umum dengan syariat Islam, sehingga timbul satu kesatuan yang pas.

Selain itu, masih banyak mata kuliah yang bisa dipelajari, seperti Ilmu Kalam, Ilmu Tafsir, Fiqih, Hadist, Psikologi Managemen, dan masih banyak lagi ilmu lainnya.

Diatas telah dijelaskan apa saja yang bisa dipelajari ketika kamu masuk program studi manajemen pendidikan islam.

Nah lalu apa saja prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam yang bisa kamu dapatkan saat ini? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Dosen

Profesi pertama yaitu menjadi seorang dosen. Kamu bisa menjadi dosen dan mengajar beberapa mata kuliah yang termasuk ke dalam manajemen pendidikan islam.

Untuk gajinya sendiri yaitu mulai dari 3 jutaan.

2. PNS

Profesi kedua, kamu bisa menjadi PNS dan tergabung dalam jajaran Kementerian agama. Dengan masuk ke dalam jajaran tersebut, kamu bisa mendapat gaji dengan kisaran mulai dari 3 sampai 7 jutaan per bulannya.

3. Staff Administrasi

Profesi yang ketiga yaitu kamu bisa menjadi staff administrasi keagamaan. Dengan mengandalkan ilmu manajemen islam yang bagus, kamu bisa menjadi administrator yang baik dan bijak.

Banyak pabrik didirikan, prospek kerja teknik industri semakin hari semakin cerah.

Untuk gajinya berkisar antara 3 sampai 5 jutaan per bulannya.

4. Pembuat Kurikulum

Untuk profesi selanjutnya yaitu sebagai pembuat kurikulum. Kamu bisa tergabung dalam jajaran pembuat kurikulum pendidikan yang mengatur jalannya tatanan pendidikan di Indonesia.

Untuk gajinya yaitu sekitar 3 jutaan per bulannya.

5. Guru

Untuk profesi yang bisa dikatakan paling banyak diminati yaitu guru. Kamu bisa menjadi seorang guru yang mengajar pada sekolah berbasis islam.

Untuk gajinya sendiri berkisar antara 3 sampai juta per bulannya.

6. Trainer

Pekerjaan selanjutnya dan tidak kalah penting, kamu bisa menjadi seorang trainer manajemen pendidikan Islam.

Seorang trainer bertugas untuk mengajar dasar-dasar manajemen kepada para pemula. Biasanya seorang trainer bisa digaji mulai dari 3 hingga 6 juta per bulannya.

Baca prospek kerja teknik geologi jika kamu tertarik dengan bumi.

Seperti itulah sedikit informasi mengenai prospek kerja Manajemen Pendidikan Islam. Untuk kamu yang ingin bekerja di salah satu bidang yang sudah disebutkan di atas sebaiknya untuk mengambil program studi Manajemen Pendidikan Islam.

Ada baiknya untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin agar nantinya tidak kaget ketika menjalani studi. Selamat mencoba!

Leave a Reply