Prospek Kerja Sastra Inggris

Banyak orang yang beranggapan sarjana sastra khususnya sastra inggris tidak memiliki banyak peluang kerja padahal prospek kerja sastra inggris sangat banyak di berbagai bidang, karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional serta sangat fleksibel bekerja pada berbagai bidang.

Selain itu gelar yang diperoleh setelah menyelesaikan program studi ini ada dua yaitu sarjana sastra atau sarjana humaniora.

Hal yang dipelajari di Sastra Inggris

Tidak seperti yang dibayangkan, program studi ini tidak hanya mempelajari tentang bahasa inggris saja melainkan lebih dalam pada kesusastraan, kebahasaan, serta budaya yang berhubungan dengan bahasa inggris.

Beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan sastra inggris diantaranya:

  • Bahasa
  • Sastra
  • Ilmu linguistic
  • Ilmu penerjemahan
  • Sejarah dan budaya

Tidak kalah dengan program studi lainnya, prospek kerja sastra inggris memiliki pilihan profesi yang cukup banyak diantaranya:

1. Dosen

Merupakan tenaga pengajar atau pendidik profesional di sebuah perguruan tinggi, sebelum bisa mengajar kamu diharuskan untuk menempuh pendidikan magister pada program studi yang sama.

Ingin kuliah berhubungan dengan negara? Kuliah saja di AP, prospek kerja administrasi pemerintahan sangat bagus untuk membangun daerah.

Gaji yang diperoleh dengan menjadi seorang dosen adalah bervariasi bergantung pengalaman yang dimiliki, selain itu seorang dosen juga dapat memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

2. PNS

Merupakan pegawai pemerintah yang menjadi bagian dari aparatur sipil negara dengan tugas umum melakukan pelayanan terhadap public.

Selain memperoleh banyak tunjangan, seorang PNS juga memiliki gaji yang bervariasi yang akan terus meningkat seiring meningkatnya jabatan.

3. Peneliti

Merupakan seseorang yang memiliki tugas utama melakukan penelitian dan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tugas utama mereka adalah menemukan solusi dari berbagai permasalahan.

Besaran gaji dari seorang peneliti adalah Rp 4 juta hingga Rp 8 juta rupiah.

4. Editor

Merupakan seseorang bekerja pada bidang penerbitan buku, tugas utamanya adalah bertanggung jawab pada proses penyuntingan baik itu pada media cetak maupun online, selain itu seorang editor juga memiliki peran sebagai konsultan dari penulis.

Gaji yang didapat dengan menjadi seorang editor sebesar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta rupiah.

5. Sastrawan

Merupakan profesi yang memiliki istilah paling dekat dengan jurusan ini, meski tidak semua sastrawan merupakan sarjana sastra.

Banyak profesi yang dapat digeluti diantaranya menjadi kritikus, penulis cerpen, novel dan masih banyak lagi.

Bantu memajukan tani Indonesia dengan masuk dan belajar di jurusan agribisnis, prospek kerja agribisnispun terbuka lebar.

Gaji yang diperoleh juga sangat bervariatif tergantung pada bidang yang digeluti, kebanyakan gaji yang diperoleh seorang sastrawan berupa royalti.

6. Penerjemah

Merupakan pekerjaan yang paling umum digeluti oleh lulusan sastra, tugas utamanya adalah menerjemahkan tulisan yang berasal dari bahasa inggris ke dalam bahasa Indonesia seperti novel, buku, bahkan film.

Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini berkisar antara Rp 5 hingga Rp 10 juta rupiah.

7. Ahli bahasa

Merupakan orang yang mempelajari ilmu bahasa menggunakan kajian ilmiah yang lebih mendalam.

Tugasnya adalah melakukan meneliti interaksi diantara unsur bahasa, melakukan logika pembentukan kata pada sebuah bahasa, hingga meneliti hubungan antara bahasa satu dengan bahasa lain.

8. Wartawan

Juga dikenal dengan sebutan jurnalis merupakan seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik, tugas utamanya adalah menulis, menganalisis serta melaporkan terjadinya sebuah peristiwa kepada masyarakat melalui media massa.

Gaji yang diperoleh sebagai jurnalis pemula mencapai Rp 3 juta rupiah.

9. Tour guide

Atau juga dikenal dengan pemandu wisata, tugasnya adalah menemani para wisatawan asing yang baru pertama kali berkunjung ke Indonesia sehingga mengalami kesulitan berkomunikasi.

Gaji yang diperoleh mencapai Rp 5 hingga Rp 7 juta rupiah per bulan, selain itu kamu juga berkesempatan untuk jalan-jalan dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai macam negara.

10. Staf diplomasi

Adalah perwakilan pemerintahan suatu negara yang bertugas melakukan kegiatan diplomatic baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Tidak hanya sarjana hubungan internasional, sarjana sastra inggris juga dapat memanfaatkan kemampuan bahasanya untuk melamar profesi ini.

Jika kamu suka teknologi dan pertanian, sangat cocok masuk agroteknologi, prospek kerja agroteknologi ada banyak.

Tugas utamanya adalah representing, protecting, negotiating, promoting, dan reporting. Gaji seorang diplomat berkisar antara Rp 4 hingga 8 juta rupiah.

11. Public relations

Lebih dikenal dengan staf Humas, merupakan seseorang yang bekerja sebagai penghubung diantara berbagai pihak.

Tugas utamanya adalah mempresentasikan citra serta membagikan informasi terkait perusahaan dengan gaji yang dapat mencapai Rp 4 sampai 8 juta rupiah per bulan.

Leave a Reply