Prospek Kerja Akuntansi

Tahukah kamu bahwa prospek kerja akuntansi sangatlah besar karena seorang akuntan memainkan peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi, terlepas dari apakah itu perusahaan multinasional atau tidak.

Buat Kamu yang sangat passion di bidang akuntansi, di bawah ini ada beberapa prospek kerja yang bisa Kamu manfaatkan.

Hal yang Dipelajari di Akuntansi

Ketika menggeluti bidang akuntansi, ada beberapa hal yang akan kamu pelajari seperti :

Baca prospek kerja lulusan ilmu hukum selain jadi hakim.

Pelajari pembukuan debit-kredit dan lakukan banyak latihan dalam menerjemahkan transaksi menjadi debit dan kredit

  1. Memahami akuntansi akrual dan bagaimana pengaruhnya terhadap akun laporan laba rugi: pendapatan dan beban
  2. Mempelajari bagaimana mempersiapkan dan menganalisis laporan arus kas.
  3. Memahami perbedaan antara penghasilan, kas dari operasi, dan arus kas bebas.
  4. Belajar menggunakan entri jurnal untuk mencatat transaksi
  5. Memahami bagaimana 3 laporan keuangan (neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas) cocok bersama dalam skema keuangan perusahaan
  6. Membuat laporan keuangan berdasarkan transaksi yang dicatat selama suatu periode akuntansi

Ada beberapa prospek kerja akuntansi yang menarik, di antaranya adalah :

1. Dosen

Dosen akuntansi adalah seorang pengajar yang membimbing mahasiswa S1 atau S1 di jurusan akuntansi. Tanggung jawabnya sudah pasti adalah mengajar mahasiswanya. Kisaran gaji seorang dosen akuntansi adalah Rp 3-5 juta.

2. PNS

PNS di bidang akuntansi adalah orang untuk memastikan bahwa laporan keuangan lembaga pemerintah sudah teratur.

Tugasnya adalah bertanggung jawab atas masalah yang terkait dengan uang, pengajuan pajak, dan penyortiran pengembalian pajak. Kisaran gaji PNS akuntan adalah 2-5 juta tergantung UMK.

3. Peneliti

Peneliti akuntansi adalah akademisi yang menganalisis dan menerbitkan studi atau jurnal tentang tren akuntansi.

Pelajari prospek kerja ilmu kelautan untuk memajukan maritim Indonesia.

Peneliti dipekerjakan di universitas atau perguruan tinggi dengan tugasnya mengajar mahasiswa tentang akuntansi dan bisnis dan menerbitkan karya di jurnal penelitian.

Kisaran gaji peneliti di bidang ini adalah Rp 3-5 juta.

4. Akuntan Publik

Akuntan publik pekerjaan yang membantu individu dan perusahaan berbagai tugas keuangan. Tugas kerja akuntan publik banyak sekali.

Beberapa di antaranya adalah menghitung dan mengajukan pajak penghasilan, meninjau catatan keuangan, mengikuti perkembangan peraturan fiskal, membuat laporan keuangan dan memberikan nasihat akuntansi umum.

Kisaran gaji seseorang di bidang ini adalah Rp 2-4 juta.

5. Auditor

Auditor adalah orang yang bekerja dengan berbagai klien untuk meninjau dokumen keuangan.

Tugas kerjanya adalah melakukan akurasi dan mengecek apakah dokumen keuangan sudah sesuai terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

Beberapa audit juga melakukan tinjauan terperinci atas kebijakan dan prosedur akuntansi perusahaan, serta sistem teknologi informasi yang digunakan untuk menyimpan dan memelihara data keuangan.

Kisaran gaji seseorang auditor adalah Rp 3-4 juta.

6. Kerja di Bank

Seorang lulusan akuntansi juga bisa bekerja di bank. Kerja di bank bisa memiliki tugas untuk memastikan bahwa prosedur akuntansi berjalan sesuai kaidah, menyetujui pinjaman, hingga memasarkan bank kepada calon pelanggan.

Baca prospek kerja lulusan ilmu komunikasi.

Tugas kerjanya juga bisa mengelola, mengevaluasi, dan mendistribusikan pinjaman. Kisaran gaji seseorang yang bekerja di bank adalah Rp 2-5 juta tergantung bank dan posisinya.

7. Perencana Keuangan

Perencana keuangan adalah pekerjaan yang menentukan bagaimana klien dapat memenuhi tujuan keuangan seumur hidup melalui pengelolaan sumber daya.

Tugas kerjanya adalah memeriksa riwayat keuangan-masa lalu dan saat ini-dari aset klien dan menyarankan dengan tepat langkah apa yang perlu diambil klien di masa depan untuk mencapai tujuannya. Gaji perencana keuangan sendiri realtif, sekitar 3-5 jutaan.

8. Kerja di OJK

Seorang lulusan akuntansi juga bisa bekerja di OJK. Tugasnya adalah mengawasi seluruh kegiatan keuangan oleh perusahaan atau industri sesuai dengan koridornya. Gaji kerja di OJK sendiri adalah Rp 3-4 juta.

9. Analis Kredit

Seorang analis kredit adalah orang yang menganalisis data kredit dan informasi keuangan orang atau perusahaan yang mengajukan kredit atau pinjaman.

Tugasnya adalah melakukan analisis untuk menentukan risiko bahwa bank, atau lembaga pemberi pinjaman atau pemberi kredit lainnya tidak akan mengembalikan dana yang dipinjamkan. Kisaran gaji seorang analis kredit adalah Rp 3 juta.

10. Konsultan Pajak

Konsultan pajak adalah pakar hukum, perencanaan, dan kepatuhan perpajakan. Tugas kerjanya adalah melayani bisnis dan individu dengan tetap mengikuti undang-undang pajak baru dan untuk pengoptimalan pajak jangka pendek dan panjang.

Kisaran gajinya adalah Rp 3 juta.

11. Pegawai Asuransi

Pegawai asuransi adalah pekerjaan yang memproses aplikasi asuransi dari pelanggan. Tugas kerjanya adalah memperbarui catatan polis pelanggan yang ada. Kisaran gaji seorang pegawai asuransi adalah Rp 2-3 juta.

Jangan lupa pelajari prospek kerja sarjana ilmu lingkungan.

Buat kamu yang memang berminat di bidang akuntansi, tenanglah! 11 prospek kerja akuntansi di atas bisa menjadi celah untukmu!

Leave a Reply