Prospek Kerja Ilmu Hukum

Prospek kerja Ilmu Hukum adalah lulusan yang tinggi peminat karena bisa memasuki di berbagai bidang seperti legal staff, personalia hingga jaksa dan pengacara.

Hukum mengatur tindakan dan tingkah laku manusia agar tidak merugikan yang lain.

Jika tertarik pada penyelewengan atau pelanggan di kehidupan dan berencana memperbaikinya maka tidak salah jika mengambil bidang yang satu ini.

Lantas, apa saja materi yang dipelajari dalam Ilmu Hukum?

Ikutlah berkontribusi untuk kemajuan pendidikan Indonesia, baca prospek kerja teknologi pendidikan.

Dan bagaimana prospek kerja ke depannya? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkap tentang prospek sekaligus hal-hal yang harus dipelajari dalam program studi Ilmu Hukum.

Hal yang Dipelajari di Ilmu Hukum

Secara umum ada banyak hal yang dipelajari oleh bidang yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Ilmu hukum mempelajari semua bidang hukum di Indonesia seperti hukum perdata, pajak, acara pidana hingga agama dan agraria.

Karakter yang baik sangat penting jika ingin menjadi seorang ahli hukum seperti independen, kritis, menganalisis hingga komunikasi.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk masuk di bidang ini maka penting sekali mempelajari beberapa karakter tersebut.

Adbis, jurusan paling umum dan paling laku di pasaran, baca prospek kerja administrasi bisnis.

Dengan mempelajari pengetahuan ini ada banyak prospek kerja ilmu hukum yang bisa dimasuki. Berikut ini adalah prospek di masa kini dengan gajinya.

1. Dosen

Dosen ilmu hukum mengajarkan kepada mahasiswa tentang sistem peraturan masyarakat, memberi saran dan kritik yang membangun tentang hukum di Indonesia.

Mulai dari asisten profesor hingga profesor penulis hukum adalah jenjang jabatan dengan gaji mulai dari Rp 4 jutaan.

2. PNS

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, gaji PNS hukum sudah digolongkan menjadi beberapa golongan jabatan mulai dari tingkat III dengan gaji Rp3 jutaan. PNS lulusan hukum misalnya jaksa, hakim atau intelijen negara.

3. Pengacara

Prospek kerja ilmu hukum pada pengacara sudah cukup populer dan menjanjikan dengan gaji minimal Rp 4,2 juta hingga Rp 7,2 jutaan.

Mewakili klien saat pengadilan, menyusun dokumen hukum untuk memenangkan perkara hingga memberi saran dalam transaksi hukum adalah tugasnya.

4. Hakim

Jika ingin menjadi PNS dengan lulusan hukum maka Hakim adalah referensi utama dengan gaji rata-rata Rp 5 jutaan.

Hakim merekomendasikan dan membuat keputusan yang berhubungan dengan pemerintah serta memberi penalti, penolakan dan penyelesaian masalah.

5. Analisis Intelijen

Intelijen bertugas menganalisa dan mengevaluasi informasi pelaksanaan hukum, pengawasan jaringan hingga sistem geografi demi mengantisipasi berbagai tindak kejahatan terencana khususnya pada negara.

Berbagai analis seperti analisis tindak kejahatan, intelijen kriminal, spesialis riset adalah jabatan profesi ini dengan gaji sekitar Rp 5jutaan.

Bidang ini berhubungan dengan kriminalitas terencana yang mengganggu negara seperti terorisme, narkotika, dan lain sebagainya.

6. Staff Legal

Menjadi sekretaris konfidensial, asisten administratif yudisial, sekretaris hukum administratif hingga asisten proses pengadilan adalah jabatan staff legal.

Ingin memajukan negara? baca prospek kerja administrasi pemerintahan.

Dengan gaji mulai dari Rp 2,5 juta, staf legal bertugas melakukan kesekretariatan dengan terminologi dan prosedur hukum.

7. Teknisi Ilmu Forensik

Prospek kerja ilmu hukum bidang forensik ini cukup menggiurkan dengan pandangan masyarakat yang keren. Dengan gaji minimal Rp 5 juta, teknisi ini bertugas menyiapkan laporan penemuan, investigasi dan teknik penelitian.

Selain itu, mereka juga harus mengumpulkan bukti dari TKP hingga memberikan kesaksian di pengadilan.

Cukup menarik, ilmu ini memerlukan pengetahuan lain seperti kimia, komputer, bahasa asing, hingga hukum pemerintah dan keselamatan publik.

Bagaimana, berminat terjun langsung pada dunia hukum di Indonesia? Melihat prospek kerja Ilmu Hukum di atas yang cukup beragam dan menjanjikan.

Siapkan dirimu sejak sekarang dan rencanakan profesi apa nantinya yang ingin kamu masuki.

Leave a Reply