Prospek Kerja Biologi

Prospek kerja biologi adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang saat ini semakin banyak dicari baik di perusahaan swasta, pemerintah ataupun lembaga kemasyarakatan lainnya.

Berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, kehutanan, lingkungan hingga kedokteran tentu membutuhkan seorang lulusan biologi.

Ilmu yang mempelajari tentang fenomena makhluk hidup ini memiliki jenis dan jenjang karier yang beragam.

Rata-rata gaji seorang lulusan biologi ialah Rp 4.000.000 dengan mempertimbangkan banyak aspek seperti kemampuan, pengalaman, tingkat pendidikan hingga area kerja.

Hal yang Dipelajari di Biologi

Sama halnya dengan beberapa program studi lainnya, untuk belajar Biologi terdapat beberapa materi yang harus dipahami. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mendalami ilmu yang satu ini, berikut beberapa materi yang wajib untuk kamu pelajari. Diantaranya yaitu:

  • Semua fenomena benda hidup mulai dari sel
  • Struktur
  • Fenomena psikologis pada organisme
  • Keragaman spesies,
  • Aktivitas biologi dan lingkungannya
  • Evolusi dan masih banyak lagi

Berdasarkan hal tersebut, seorang yang bergelut dalam dunia biologi harus setidaknya harus memiliki kemampuan observasi, analisis, berpikir rasional dan berpikir detail. Lulusan Biologi bisa memasuki banyak bidang pekerjaan yang ada dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Jika kamu tertarik memasuki dunia ini dan akan memilihnya sebagai jurusan kuliah maka ada baiknya mengetahui apa saja profesi biologi yang nantinya bisa kamu masuki. Diantaranya yaitu

1. Dosen

Jika menjadi dosen, selain mengajar juga harus bisa mengembangkan ilmunya dengan melakukan penelitian di bidang ini. Selain itu mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Gaji seorang guru/dosen Biologi juga tidak jauh berbeda dengan guru/dosen lainnya yang bergantung pada jenjang karier mulai dari Rp 1.000.000 untuk guru honorer hingga Rp 5.000.000 untuk dosen tetap.

Masa kerja, tingkat pendidikan dan daerah kerja juga dipertimbangkan sebagaimana pengajar lainnya.

2. PNS

PNS dengan spesifikasi lulusan Biologi sangat beragam dengan jenjang pendidikan S1 hingga S3. Pangkat dan jabatan pada profesi PNS Biologi juga dipertimbangkan misalnya pada golongan jabatan S1 memiliki gaji sekitar Rp 3.000.000 an.

3. Peneliti

Mencari solusi atas masalah di kehidupan adalah tujuan dari penelitian. Kemampuan yang harus dimiliki seperti menguasai kaidah penelitian, berpikir objektif hingga mampu merencanakan teknik penelitian. Jenjang peneliti ialah peneliti pertama, muda hingga peneliti utama dengan gaji sekitar 5 jutaan.

4. Ahli Teknologi Sitogenetik

Tugasnya ialah menganalisa kromosom dan mengidentifikasi untuk melihat berbagai kelainan hingga membuat gambar kromosom dengan pencitraan komputer.

Jabatan dengan gaji minimal 4 juta tersebut ialah spesialis Laboratorium klinik, ahli sit genetika hingga pemimpin bidang ini.

5. Quality Control Produk Pangan

Bertugas memeriksa kualitas produk sebelum, saat dan setelah proses pembuatan dengan mengendalikan kualitasnya. Dengan kemampuan riset serta komunikasi dengan bahasa asing, gajinya mulai dari 5 juta rupiah.

6. Ahli Biologi Molekul dan Sel

Meneliti molekul dan organ sel untuk mendalami fungsinya adalah tugas utama profesi ini. Prospek kerja biologi ini lumayan menjanjikan dengan gaji sekitar 4,7 hingga 7 jutaan.

7. Teknisi Pembangkit Biomassa

Tugasnya ialah mengolah orgasme tumbuhan dan hewan menjadi energi dengan mengontrol aktivitas biomassa. Jabatannya seperti fasilitator biomassa, operator ruang kontrol, petugas bahan bakar dengan gaji mulai dari 3 jutaan.

8. Ahli Biostatistik

Menyediakan data yang informatif seperti grafik atau tabel, membuat laporan analisis statistik hingga menghitung statistik adalah tugasnya. Gajinya sekitar 4 hingga 6 jutaan dengan minimal pendidikan S1.

Tertarik memasuki dunia biologi ini? Dengan prospek kerja biologi yang beragam di atas, kamu bisa memilih yang lebih spesifik sesuai minat.

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk mengambil program studi di bidang ini pastikan untuk segera menyiapkan mulai dari sekarang. Selamat mencoba!

Leave a Reply