Prospek Kerja Kehutanan

Bagi kamu lulusan kehutanan atau ilmu hutan, jangan khawatir ada banyak prospek kerja bagi lulusan kehutanan.

Apalagi Indonesia adalah salah satu negara yang luas hutannya terbesar di Dunia, dan membuat hutan di Indonesia sebagai paru-paru dunia.

Untuk menjaga kelangsungan hutan agar tetap lestari, dibutuhkan para sarjana kehutanan yang mumpuni.

Hal yang dipelajari di Kehutanan

Di perkuliahan, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan ilmu hutan, seperti satwa, ekologi hutan, manajemen pengolahan hasil hutan dan satwa.

Prospek kerja manajemen pendidikan islam sangat cerah, mengingat banyak sekolah dan kampus Islam yang didirikan.

Dengan bekal ilmu tadi, kamu bisam embuat perencanaan bagaimana cara mengkonservasi, reboisasi dan merehabilitasi hutan supaya kembali ke fungsi utamanya.

Selain itu, kamu juga bisa turut serta melestarikan satwa-satwa liar yang dilindungi supaya tetap lestari di alam liarnya.

Berikut ini adalah beberapa profesi yang cocok bagi kamu lulusan kehutanan:

1. Dosen

Dosen adalah profesi sebagai tenaga pendidik dan bergerak di bidang akademis. Kamu akan bergelut dengan dunia pendidikan.

Untuk kamu yang tertarik dengan profesi ini sebaiknya kamu melanjutkan pendidikanmu mencapai magister. Gaji yang akan kamu peroleh dan belum disertai tunjangan lainnya sekitar Rp 4-6jt.

2. PNS

PNS adalah profesi yang sangat diminati oleh masyarakat publik. Karena profesi ini akan terus mendapatkan gaji ketika kamu sudah tidak bekerja lagi.

Gaji yang akan diperoleh untuk golongan III biasanya Rp 3-5jt.

3. Peneliti

Peneliti merupakan profesi yang dibutuhkan untuk meneliti suatu kejadian atau sebuah masalah. Kamu bisa menjadi peneliti di bagian keuangan jika berkaitan dengan akuntansi. Kamu juga harus teliti dan tekun dalam bidang profesi ini.

Baca prospek kerja kesehatan masyarakat untuk mengetahui peluang kerjanya.

Gaji yang akan kamu peroleh biasanya hingga mencapai belasan juta rupiah.

4. Ahli Konservasi Hutan

Ahli konservasi hutan merupakan profesi yang berkaitan dengan perlindungan hutan. Kamu juga akan memberikan informasi terkait perlindungan lingkungan sumber daya yang ada di hutan.

Gaji yang akan kamu peroleh mencapai Rp 4jt.

5. Ahli Lingkungan

Ahli lingkungan merupakan profesi yang digunakan untuk melakukan riset dan memberi nasihat mengenai pencegahan dan solusi terhadap lingkungan.

Gaji yang akan kamu peroleh biasanya hingga belasan juta rupiah.

6. Manajer Ilmu Alam

Manajer ilmu alam profesi yang merencanakan atau mengkoordinasikan ilmu biologi dan matematika. Gaji dari profesi ini bisa mencapai Rp 7jt.

7. Pengawas Hutan

Pengawas hutan adalah profesi yang bertugas untuk mengelola hutan yang dilindungi untuk tujuan ekonomi dan rekreasi.

Pengawas hutan juga akan menentukan bagaimana pelestarian habitat yang ada di hutan. Gaji yang akan kamu peroleh sekitar Rp 6jt.

8. Spesialis Konservasi Alam

Spesialis konservasi alam akan berada di bawah naungan industri. Kamu akan bertanggung jawab untuk desain dan bagian produksi untuk melindungi alam. Kamu juga akan memelihara sistem atau semua yang ada di alam.

Kuliah di manajemen mudah untuk berakrir, prospek kerja manajemen sangat cerah karena setiap perusahaan pasti butuh bagian manajemen.

Pekerjaan ini sangat begitu diinginkan oleh orang banyak karena gaji yang akan kamu peroleh sekitar Rp 3-5jt. Sangat menggiurkan sekali.

Sekian prospek kerja kehutanan, semoga memberikan gambaran masa depanmu ya!

Leave a Reply