Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Program situsi administrasi bisnis atau yang juga dikenal dengan sebutan administrasi niaga merupakan salah satu program favorit yang banyak diselenggarakan di universitas-universitas di seluruh Indonesia.

Selain itu prospek kerja administrasi bisnis juga sangat luas, karena dapat bekerja baik di instansi pemerintah maupun instansi swasta.

Hal yang dipelajari di Administrasi Bisnis

Mata kuliah yang dipelajari pada program studi ini sangat luas, karena jika mengambil jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang ilmu administrasi yang meliputi klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, ataupun pemrosesan data tapi juga mempelajari terkait perpajakan, manajemen, akuntansi serta pemasaran.

Baca Peluang Kerja : Prospek Kerja Lulusan Administrasi Pemerintahan

Tidak hanya belajar bagaimana mengoperasikan bisnis dan perusahaan tapi juga dituntut dapat menciptakan sebuah produk.

Dengan banyaknya ilmu yang dipelajari tersebut lulusannya memiliki beragam keahlian yang dapat bermanfaat untuk melamar pekerjaan.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari pada program studi administrasi niaga ini diantaranya:

  • Akuntansi
  • Perpajakan
  • Hukum bisnis
  • Perilaku konsumen
  • Teknik penyusunan rencana bisnis
  • Psikologi industri
  • Manajemen risiko dan asuransi
  • Sistem informasi manajemen
  • Kebijakan dan strategi pemasaran
  • Dasar-dasar organisasi serta
  • Azaz-azaz manajemen

Prospek kerja administrasi bisnis sangat luas, banyaknya keahlian yang dimiliki oleh lulusan program studi ini membuatnya banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti:

1. Dosen

Merupakan tenaga pengajar atau pendidik profesional di sebuah perguruan tinggi, sebelum bisa mengajar kamu diharuskan untuk menempuh pendidikan magister pada program studi yang sama.

Gaji yang diperoleh dengan menjadi seorang dosen adalah bervariasi bergantung pengalaman yang dimiliki, selain itu seorang dosen juga dapat memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Simak Penjelasan: Prospek Kerja Lulusan S1 Agribisnis

2. PNS

Merupakan pegawai pemerintah yang menjadi bagian dari aparatur sipil negara dengan tugas umum melakukan pelayanan terhadap public. Selain memperoleh banyak tunjangan, seorang PNS juga memiliki gaji yang bervariasi yang akan terus meningkat seiring meningkatnya jabatan.

3. Peneliti

Merupakan seseorang yang memiliki tugas utama melakukan penelitian dan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tugas utama mereka adalah menemukan solusi dari berbagai permasalahan.

Besaran gaji dari seorang peneliti adalah Rp 4 juta hingga Rp 8 juta rupiah.

4. Direktur perusahaan

Merupakan seorang pimpinan pada perseroan terbatas (PT) yang ditunjuk oleh pemilik usaha, tugasnya mulai dari perencanaan strategi bisnis, implementasi visi dan misi, pengawasan hingga evaluasi.

Gaji untuk profesi ini sangat besar bergantung pada perusahaan, biasanya mencapai puluhan juta rupiah.

5. Bisnis analisis

Merupakan orang yang bertugas menganalisa dan memvalidasi kebijakan dari sebuah perusahaan, tugas utamanya adalah memberikan masukan, saran serta solusi yang digunakan para pebisnis untuk membuat keputusan.

Besaran gaji seorang bisnis analis adalah Rp 5 juta rupiah.

6. HRD

Merupakan staf yang bertugas dalam perekrutan SDM pada sebuah perusahaan, selain itu staf SDM juga bertugas mengurus segala hal yang berkaitan dengan karyawan atau SDM seperti kontrak kerja.

Gaji seorang staf HRD di sebuah perusahaan berada dikisaran Rp 3 juta rupiah.

7. Bagian administrasi

Merupakan divisi pada sebuah perusahaan yang bertugas dalam mengorganisasi data serta kegiatan agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan tugas umumnya adalah merekap data, mengelola dokumen serta menyimpannya secara terorganisir.

Gaji seorang staff di bagian administrasi dapat mencapai Rp 3 juta rupiah.

8. Manajemen perusahaan

Merupakan unsur-unsur yang memiliki fungsi dalam pengelolaan perusahaan, banyak posisi yang menempati unsur ini diantaranya top management, middle management, dan lower management.

Baca peluang masa depan: Prospek Kerja Sarjana Agroteknologi

Tugas dari manajemen perusahaan mulai dari perencanaan hingga evaluasi jalannya perusahaan.

Gaji yang diperoleh berkisar dari Rp 5 juta rupiah dan bervariasi sesuai dengan jabatan yang ditempati.

9. Staf marketing

Merupakan staf dalam sebuah perusahaan yang bertugas memasarkan produk atau jasa yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat,serta meyakinkan para konsumen tentang produknya.

Gaji seorang staf marketing di perusahaan berada pada angka Rp 3 juta rupiah.

Leave a Reply