Prospek Kerja Administrasi Pemerintahan

Prospek kerja Administrasi Negara adalah sebuah pekerjaan di bidang administrasi yang banyak diincar karena menawarkan gaji yang lumayan besar.

Meski begitu, persaingan di bidang tersebut bisa dikatakan lumayan ketat dan juga sistem seleksi nya yang tidak mudah.

Jika melihat dari namanya, mungkin sebagian dari kamu berfikir bahwa prospek karier lulusan program studi administrasi negara ini hanya di pemerintahan saja.

Jika ingin memajukan pertanian, baca dulu Prospek Kerja Agroteknologi

Sebenarnya pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang banyak dari mereka yang lulus dari program ini masuk atau bekerja di pemerintah.

Namun, meski begitu selain menjadi PNS ternyata masih ada prospek kerja lainnya di jurusan Administrasi Negara yang tidak kalah menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang ingin masuk program studi Ilmu Administrasi Negara, perlu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipelajari.

Hal yang Dipelajari di Administrasi Negara

Sama halnya dengan program studi lainnya, pada saat masuk ke jurusan Administrasi Negara ada beberapa materi yang harus dipelajari. Nah, berikut ini materi yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  • Sistem dan Hukum Administrasi Negara
  • Demografi
  • Statistik Sosial
  • Sumber Daya Manusia
  • Manajemen
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Pemerintah dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang tertarik atau berniat untuk mengambil jurusan Administrasi Negara, pastikan untuk menyiapkan diri terkait beberapa materi yang sudah disebutkan di atas ya!

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, jurusan Administrasi Negara tidak hanya dibutuhkan oleh pemerintah saja.

Tetapi juga beberapa bidang lainnya yang tentu tidak kalah bagus dan menjanjikan. Nah, berikut ini profesi lulusan Administrasi Negara yang tak banyak diketahui. Diantaranya yaitu:

1. Dosen

Profesi pertama yang bisa dijadikan rujukan untuk kamu yang mengambil jurusan Administrasi Negara yaitu menjadi dosen. Nantinya dosen atau pengajar akan memberikan ilmu terkait dengan administrasi negara dan publik.

Meski terdengar sepele ternyata gaji seorang dosen program studi administrasi negara bisa dikatakan cukup menjanjikan yaitu sekitar Rp 5 jutaan per bulannya.

2. PNS

Untuk profesi yang kedua ini tentu sebagian dari kamu sudah sering mendengar bahwa lulusan Administrasi Negara akan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Untuk gajinya sendiri bervariasi sesuai dengan tingkatan dan wilayah kerjanya.

3. Peneliti

Selanjutnya profesi administrasi negara yang tidak kalah menjanjikan yaitu menjadi seorang peneliti. Tugas dari seorang peneliti di sini yaitu melakukan berbagai macam penelitian yang bertujuan untuk mencari solusi terkait masalah yang dihadapi oleh pemerintah.

Untuk gajinya sendiri yaitu mulai sekitar Rp 5 juta setiap bulannya.

4. Administrasi

Sesuai dengan namanya, lulusan administrasi negara bisa bekerja di bidang administrasi baik di kantor pemerintah maupun perusahaan.

Untuk gajinya tentu bervariasi tergantung tingkat pengalamannya. Minimal UMR kota setempat.

5. Staf HRD

Selain bekerja di pemerintahan, lulusan administrasi negara juga bisa bekerja di sebuah perusahaan untuk menjadi HRD. Sesuai dengan namanya, tanggung jawab yang dimiliki oleh bidang ini yaitu merekruitasi pegawai.

Baca Prospek Kerja Akuntansi sebelum masuk jurusan tersebut.

Selain itu, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan lain sebagainya. Seorang HRD umumnya digaji sekitar Rp 3 juta hingga belasan juta setiap bulannya.

6. Staf Pejabat Pemerintahan

Seperti yang diketahui, inti dari lulusan Administrasi negara yaitu dapat terlibat aktif dan juga bekerja untuk menjalankan roda pemerintahan.

Hal itulah yang akan kamu lakukan saat bekerja sebagai Staf Pejabat Pemerintahan. Tidak perlu khawatir masalah gaji karena dijamin menggiurkan.

Gajinya mulai dari Rp 3 jutaan hingga puluhan juta.

7. Staf Ahli DPR / DPRD

Sebagai lulusan administrasi negara, kamu bisa bekerja menjadi staf Ahli baik di daerah maupun di pusat.

Dengan bergabung sebagai staf Ahli DPR/DPRD tentu Anda bisa mendapatkan gaji hingga belasan juta. Belum termasuk tunjangan dan fasilitas lain yang didapatkan.

8. Sekretaris

Tidak hanya sektor pemerintahan saja, seorang lulusan administrasi negara juga bisa bekerja di perusahaan menjadi sekretaris.

Meski terdengar sepele, ternyata jabatan sekretaris dalam sebuah perusahaan menawarkan besaran gaji yang cukup menggiurkan.

Gajinya mulai dari UMR yaitu Rp 2 juta hingga puluhan juta.

9. Politikus

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia politik bidang yang satu ini sangat cocok dijadikan pilihan. Bergabung dengan partai politik juga bida dijadikan sebagai salah satu cara untuk berkontribusi pada negara.

Nantinya kamu bisa memberikan berbagai macam ide untuk kemajuan negara. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan besaran gajinya, gaji seorang politikus bisa dikatakan cukup beragam.

10. Jurnalis

Profesi lulusan administrasi negara selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu terjun di dunia jurnalistik.

Sebagai seorang jurnalis, kamu berkesempatan untuk mendapatkan gaji sebesar RP 5 juta hingga belasan juta setiap bulannya.

11. Konsultan Pemerintahan

Karena semakin banyaknya tantangan yang dihadapi oleh pemerintah seiring perkembangan zaman, maka dibutuhkan seorang konsultan pemerintahan.

Adanya konsultan pemerintahan ini yaitu bertujuan untuk memberikan solusi ataupun masalah yang sedang dihadapi negara.

Seorang konsultan pemerintahan bisa mendapatkan gaji hingga belasan juta tergantung tingkat pengalamannya.

Ingin kuliah di biologi? Baca: Prospek Kerja Biologi

Itulah beberapa rekomendasi prospek kerja administrasi pemerintahan yang mungkin masih jarang kamu ketahui.

Selain prospeknya yang begitu bagus, gaji yang ditawarkan juga cukup menjanjikan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply