Prospek Kerja Agribisnis

Agribisnis adalah lini bisnis yang berfokus pada pemrosesan, pergudangan, distribusi, pemasaran, dan ritel produk yang digunakan dalam pertanian, dan prospek kerja agribisnis sangatlah besar di negara ini.

Tujuan dari adanya pekerjaan agribisnis adalah untuk meningkatkan operasi pertanian agar harga tetap terjangkau.

Untuk itu, banyak produk dan layanan agribisnis menampilkan teknologi internet of things (IoT) canggih yang membantu petani memelihara ternak, menumbuhkan hasil, mengelola mesin dan memproses, serta mengirimkan produk dengan lebih efisien.

Ingin pintar desain produk? Baca prospek kerja sarjana dkv sebelum ambil jurusannya!

Hal yang Dipelajari di Agribisnis

Agribisnis adalah sub bidang studi bisnis, manajemen dan organisasi yang berhubungan dengan menghasilkan keuntungan dari pertanian dan corporate farming. Hal-hal yang dipelajari di Agribisnis adalah :

  1. Memahami produksi, pengolahan, dan inventarisasi barang pertanian.
  2. Paham manajemen peralatan dan teknologi agronomi, bahan baku, pemasok, tenaga kerja dan sumber daya lain yang terlibat dalam pertanian.
  3. Belajar tentang pengelolaan hewan, kehutanan dan pengelolaan alam, pengelolaan lingkungan hidup, ekonomi pertanian, dan usaha pedesaan.
  4. Belajar tentang proses produksi dan rantai pasokan, dari produksi mentah hingga mencapai konsumen.

Prospek kerja agribisnis sendiri ada banyak, di antaranya adalah :

1. Dosen

Sesuai dengan namanya, maka dosen agribisnis tentunya mengajarkan mata kuliah agribisnis kepada mahasiswa yang mengambil jurusan ini.

Tugasnya adalah menyampaikan materi dan mengevaluasi hasil belajar mahasiswa agribisnis. Kisaran minimal gaji dosen agribisnis adalah 3 juta.

Rata-rata gaji dosen 5-10 juta tergantung status pegawainya, PNS atau bukan. Pendapatan dosen bisa dari penelitian atau proyek sampingan lain.

2. PNS

PNS di bidang agribisnis bekerja di lembaga pemerintah dengan mengelola produksi benih, manajemen pertanian, pemasaran atau penjualan ritel.

Tugas kerjanya adalah mencari metode produksi dan pemrosesan yang lebih baik dan efisien pada pertanian.

Kisaran gaji PNS di bidang ini relatif, tergantung UMK, sekitar 2-5 jutaan.

3. Peneliti

Peneliti agribisnis adalah orang yang melakukan penelitian tentang pengelolaan keuangan pertanian, dan berfokus pada ekonomi dan manajemen perusahaan.

Penelitian yang dilakukan dapat mencakup analisis produktivitas dan efisiensi perusahaan, studi tentang strategi pemasaran yang berbeda, pengendalian persediaan, dan strategi penetapan harga. Kisaran gaji seorang peneliti adalah Rp 3-6 jutaan.

Prospek kerja ekonomi pembangunan untuk memajukan Indonesia Raya!

4. Kerja di LSM

Selanjutnya, seseorang di bidang agribisnis juga bisa bekerja di LSM. Pekerjaan ini mempersiapkan kamu untuk menerapkan prinsip bisnis dan ekonomi pada produksi serta pemasaran makanan ataupun produk pertanian lainnya.

Pekerjaan agribisnis akan berkonsentrasi di bidang ekonomi dan pemasaran pertanian untuk LSM. Menjadi seorang agribisnis di LSM memiliki kisaran gaji sekitar Rp 2-3 juta.

5. Konsultan Pertanian

Lulusan agribisnis juga bisa menjadi seorang konsultan pertanian. Konsultan pertanian adalah seorang problem solver dan penasihat yang dipekerjakan oleh komunitas pertanian.

Kliennya adalah petani, penanam, pemilik tanah, organisasi konservasi, dan badan publik.

Ya, sesuai namanya, tugas kerjanya adalah menjadi seorang konsultan pertanian dengan memberikan nasihat dalam segala hal tentang kepemilikan dan pendudukan tanah dan bisnis pedesaan.

Kisaran gajinya adalah Rp 4-5 juta.

6. Kerja di Bappeda

Lulusan agribisnis juga bisa bekerja di Bappeda dengan mengukur kinerja dan menganalisis data seperti hasil panen. Menghadiri pertemuan, mengorganisir seminar, kelas, demonstrasi pertanian dan sebagainya.

Ya, job descnya adalah melakukan tugas administrasi, mengelola anggaran dan akun, memutakhirkan informasi, dan menyiapkan laporan untuk Bappeda.

Kisaran gaji bekerja di Bappeda adalah Rp 3-4 juta tergantung UMK.

7. Pengusaha Tani

Terakhir, kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha tani yang melakukan penelitian dan pengembangan sumber daya dan metode pertanian baru.

Baca prospek kerja jurusan ekonomi syariah untuk memajukan ekonomi ummat.

Kamu bisa mengatur pengelolaan fasilitas produksi pertanian seperti lahan pertanian dan peternakan hingga mengatur pendistribusian untuk menghasilkan profit yang tinggi.

Kisaran pendapatan yang bisa kamu dapatkan adalah Rp 3-10 juta tergantung usaha.

Wah, banyak juga ya prospek kerja agribisnis ini? Buat kamu yang suka bertani dan berbisnis, jurusan ini cocok untuk kamu coba.

Leave a Reply